oleh

Buah Penambah Imun Agar Tidak Terserang Corona

Hubungi
 
 

Di tengah pandemi corona saat ini sangatlah penting untuk mengkonsumsi buah penambah imun. Banyak cara dilakukan oleh setiap orang seperti mengkonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh atau sistem imun.

Selain suplemen, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang diketahui banyak orang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi ingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan.

Buah Penambah Imun

Berbagai macam buah baik untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh kuat maka risiko terpapar virus Corona berkurang.

Virus yang menggemparkan dunia ini menyerang sistem imun tubuh. Bagi yang imunnya tidak kuat, akibatnya bisa fatal bahkan bisa sampai meninggal.

Berikut buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh:

Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini mampu menjaga daya tahan tubuh serta mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Hampir semua buah jeruk diketahui kaya akan vitamin C. Mulai dari jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, dan clementine.

Sangat penting mendapatkan nu trisi vitamin C dari makanan ini karena tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, biasakan mengkonsumsi jeruk sehingga daya tahan tubuh tidak menurun.

Pepaya

Pepaya merupakan buah mudah didapat di daerah tropis termasuk Indonesia. Buah penambah imun ini mengandung antioksidan dan juga vitamin C dimana kedua zat tersebut baik untuk mengurangi peradangan dan mencegah masuknya ancaman ke dalam tubuh.

Selain antioksidan dan vitamin C, pepaya juga memiliki vitamin B, kalium dan folat dimana sangat bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan dan mencegah terjangkitnya beberapa penyakit.

Buah Beri

Buah-buahan berri seperti halnya stroberi, murbei dan blueberry memiliki vitamin c, bioflavonoid, fitokimia yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga sebagai antioksidan. Satu cangkir stroberi mengandung 100 mg vitamin C yang hampir sama dengan secangkir jus jeruk.

Jambu Biji

Jambu biji memberikan vitamin C yang membuat tingkat kekebalan tubuh menjadi meningkat. Kadar vitamin C yang rendah seringkali dikaitkan dengan peningkatan resiko infeksi dan juga rentan terkena penyakit.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka virus, bakteri, dan radikal bebas tidak akan masuk ke dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, satu buah jambu biji memberikan 2 kali lipat asupan harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Karena itu jambu biji digolongkan sebagai buah penambah imun.

Delima

Buah delima sudah dipakai oleh orang-orang Mesir Kuno untuk mengobati infeksi. Sejauh ini, sebagian besar penelitian menyebutkan bahwa ekstrak delima dapat membantu tubuh melawan bakteri dan virus.

Buah Tomat

Buah yang satu ini mudah sekali didapat dan setiap rumah hampir memilikinya di dapur. Tomat memiliki kandungan lycopene yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.

Tomat juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan imun tubuh.

Mangga

Mangga merupakan sumber nutrisi penambah imun tubuh yang sangat baik, karena mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Buah penambah imun yang satu ini mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Semangka

Tidak hanya menyegarkan, semangka juga punya banyak antioksidan yang disebut glutathione. Kandungan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi.

Semangka membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena memiliki antioksidan, anti-inflamasi, likopen dan vitamin C. Sebagai antioksidan, likopen juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak. Sebagai contoh, ini dapat membantu menunda onset dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Buah penambah imun ini merupakan sumber yang kaya akan senyawa karotenoid, seperti likopen dan beta karoten, yang merupakan antioksidan alami. Manfaat yang diberikan antara lain memerangi kanker dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Kandungan gizi yang terdapat dalam semangka juga dipercaya mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.

Dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi dan antioksidan kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan seperti flu dan juga yang berat semisal kanker dan juga Corona.

Itulah 8 buah penambah imun agar tidak terserang Corona, di situasi pandemi ini mencegah virus masuk kedalam adalah hal yang penting. Tetap jaga kebersihan tubuh, sering cuci tangan, hindari kerumunan, jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan, dan budayakan perilaku hidup sehat. (GaluhID/Elsa)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA