Minggu, 28 Februari 2021
Minggu, 28 Februari 2021
 
 

Bupati Ciamis Sampaikan Rancangan RPJMD 2019-2024

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada rapat paripurna DPRD menyampaikan rancangan awal terkait perubahan RPJMD Tahun Anggaran 2019-2024.

Bupati menyampaikan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis, Selasa (23/2/2021).

Pada rapat paripurna tersebut turut hadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis, Anggota DPRD Ciamis dan juga SKPD terkait.

Namun untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengikuti rapat paripuran tersebut secara virtual, tidak menghadiri secara langsung.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis menyampaikan untuk membanguna perekonomian masyarakat Kabupaten Ciamis, Pemerintah Darah telah menyusun strategi dan kebijakan.

Penyusunan strategi dan kebijakan tersebut terkait dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan.

Selain itu Bupati Ciamis menyampaikan tentang konsep pembangunan kewilayahan yang harus sinergi dengan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Terkait dengan pembangunan kewilayahan, perubahan RPJMD Kabupaten Ciamis tentunya akan bersinergi dengan RTRW,” jelas Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis juga menambahkan selain bersinergi dengan rancangan RTRW, terdapat pengaturan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup.

Rancangan RPJMD 2019-2024, Infrastruktur Jadi Perhatian

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya juga menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis akan tetap memperhatikan infrastruktur.

Karena menurut Bupati Ciamis pihaknya harus banyak melakukan perbaikan terkait dengan infrastruktur di Kabupaten Ciamis.

“Kami menyadari masih banyak perbaikan-perbaikan yang harus kami lakukan terkait dengan infrastruktur,” jelas Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis juga menyampaikan akan terus berupaya mengoptimalkan untuk mendukung pencapaian target prioritas daerah.

Selain itu, bidang pendidikan dan kesehatan pun tidak luput dari perhatian, Herdiat akan berupaya untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan.

Bahkan akan melibatkan masyarakat tentunya dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai guna menunjang tercapainya peningkatan bidang pendidikan tersebut.

Kemudian Herdiat akan menerapkan beberapa kebijakan sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis.

Yaitu dengan caran intensifikasi dan ekstensifikasi pajak, pemberian biaya operasional dan insentif kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil.

Selain itu terdapat penyesuaian tariff terhadap pajak daerah, koordinasi secara sinergis, mendorong kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan lain-lain.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya juga menjelaskan tentang pelaksanaan refocusing dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, yang berdasarkan Surat Edaran Kementerian Keuangan.(GaluhID/Ardiansyah)

Editor: Yeyep

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

PKH Shop di Ciamis Menjadi Salah Satu Upaya Untuk Lebih Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - PKH Shop di Ciamis merupakan salah satu upaya Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis untuk menjadikan KPM PKH lebih mandiri. Keluarga...

Sudah Vaksin Tetap Terkena Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Sudah vaksin tetap terkena Covid-19 belakangan ini terjadi pada sejumlah orang di Kabupaten Ciamis. Seperti yang Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan...

Temukan Kami

47,929FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya