oleh

Cara Menurunkan Kolesterol yang Mudah Dilakukan

 
 

Kesehatan, galuh.id – Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mudah, yang penting adalah menjaga pola makan dan terapkan gaya hidup sehat.

Kolesterol merupakan penyakit yang sering terjangkit di hampir semua orang. Hal ini disebabkan kurangnya mengontrol asupan makanan. Memang, kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang sehat dan menghasilkan hormon. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi dapat menimbulkan endapan lemak di dalam pembuluh darah. Endapan ini akan menghambat aliran di pembuluh darah arteri. Akibatnya, organ-organ penting di dalam tubuh tidak mendapatkan cukup asupan darah yang kaya akan oksigen.

Endapan lemak ini juga meningkatkan resiko seseorang mengalami serangan jantung, penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Sementara itu, berkurangnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan stroke. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan mudah?

  • Pangkas lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh banyak terdapat pada jeroan, gorengan, makanan cepat saji, dan daging olahan. Lemak trans biasanya terkandung dalam margarin dan kue. Untuk menurunkan kadar kolesterol, disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

Lemak sehat juga dapat menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Karena itu, cobalah mengurangi konsumsi jenis makanan yang bisa meningkatkan kolesterol dan memperbanyak makanan yang menurunkan kadar kolesterol.

  • Memperbanyak serat

Bakteri baik yang hidup dalam usus memanfaatkan serat larut air sebagai nutrisi. Bakteri ini kemudian berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Untuk itu, konsumsilah serat yang terkandung dalam biji-bijian, gandum utuh dan buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang kaya akan serat juga bisa jadi cara menurunkan kolesterol.

  • Olahraga

Olahraga teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan sebaliknya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik. Seperti olahraga aerobik dan latihan beban selama 12 minggu terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang yang berlebihan berat badan.

Olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu penurunan berat badan dan menghambat pembentukan kolesterol di dalam tubuh. Bagi Anda penderita kolsterol tingga maka disarankan berolahraga minimal 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Olahraga rutin seperti ini bisa jadi cara menurunkan kolesterol.

Hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga perlu dihentikan. Pada perokok dan peminum alkohol, tubuh mengalami penurunan kemampuan untuk memindahkan kolesterol dari pembuluh darah ke organ hati, sehingga arteri akan lebih rentan untuk tersumbat. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada berbagai organ yang bersifat fatal. (Galuh.Id/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA