Sabtu, 16 Januari 2021
Sabtu, 16 Januari 2021
 
 

Ciamis Segera Buka Wisata Paralayang di Bukit Pangangonan

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintah kabupaten (pemkab) Ciamis akan segera membuka destinasi wisata Paralayangan di Bukit Pangangonan untuk menarik kunjungan wisatawan.

Pemkab melalui Dinas kebudayaan, Pemuda dan Olahraga atau Disbudpora Ciamis menggelar sosialisasi Paralayang di TIC (Tourism Information Center), Selasa (15/12/2020).

Sosialisasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka persiapan pembukaan destinasi wisata Paralayang di Bukit Pangangonan.

Destinasi wisata tersebut lokasinya berada di Dusun Baros, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Lokasi itu kini dalam tahapan uji coba dan sosialisasi.

Menurut Sekretariat Daerah (Sekda) Ciamis, Tatang, destinasi wisata Paralayang dapat meningkatkan kunjungan para wisatawan, baik dari lokal maupun luar daerah.

”Dengan sebuah event paralayang dapat menarik wisatawan dan jadi tontonan masyarakat,” kata Tatang, dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi tersebut.

Tatang pun memberikan apresiasi atas langkah Disbudpora, Dinas Pariwisata dan BPPD Ciamis dengan membuka olahraga rekreasi Paralayang. Harapannya dapat menarik kunjungan wisatawan.

Wisata Paralayang di Bukit Pangangonan Libatkan 3 Instansi

Lebih lanjut ia menuturkan, meningkatnya kunjungan wisatawan pun dapat berdampak pada pemberdayaan masyarakat Ciamis. Juga memberikan pemasukan bagi Ciamis.

Dunia olahraga saat ini, menurut Tatang, tidak lepas dari industri barang dan jasa. Pengembangan Paralayangan di Ciamis jadi peluang pekerjaan bagi masyarakat.

”Dengan pengembangan wisata paralayang ini. Peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat jadi bertambah. Juga industri lainnya,” ucap Tatang.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan, menyampaikan pengembangan wisata Paralayang di Bukit Pangangonan melibatkan 3 instansi.

Disbudpora untuk olahraga rekreasi. Sedangkan dari sisi pariwisatanya yaitu Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis.

Awal membuat olahraga rekreasi Paralayangan ini, kata Erwan, karena Ciamis memiliki anugerah alam yang luar biasa. Punya irisan kuat dengan pariwisata.

”Sehingga kita memutuskan untuk membuat olahraga rekreasi. Pengembangan wisata ini tidak mengeksploitasi alam. Tapi lebih kepada menjaga alam,” jelas Erwan.

Saat ini olahraga rekreasi tersebut masih tahap sosialisasi dan uji coba. Setelah siap, wisata Paralayang di Bukit Pangangonan Ciamis akan segera buka untuk umum. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Peluang Ekonomi Ciamis Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022

Berita Ciamis, galuh.id - Penunjukan kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar 2022 menjadi peluang bagi masyarakat. Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan...

Forum Semua Bicara FKB Ciamis, Satukan Persepsi Demi Bangsa

Berita Ciamis, galuh.id - Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kabupaten Ciamis menggelar acara yang bertajuk Semua Bicara pada hari Kamis (14/1/2021). Kegiatan dalam forum tersebut dengan...

Kadisidik Ciamis Tinjau SDN 1 Cibadak Banjarsari Yang Retak

Berita Ciamis, galuh.id - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Asep Saepul Rahmat, mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cibadak Banjarsari Ciamis, Kamis (14/01/2021). Kunjungan Plt....

Temukan Kami

48,150FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya