Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Disnakkan Ciamis Sosialisasi Gemarikan di 10 Titik Stunting

Berita Ciamis, galuh.id – Disnakkan Ciamis menggelar sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Desa Kujang Kecamatan Cikoneng, Rabu (21/4/2021).

Camat Geyer, TP PKK Kecamatan, Korwil Pendidikan Cikoneng serta Kepala Desa Kujang, menghadiri acara yang bekerja sama dengan Bidan Desa tersebut.

Syarif Nurhidayat selaku Kepala Disnakkan Ciamis, menuturkan bahwa sosialisasi Gemarikan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan sejak kecil.

“Ini adalah gerakan nasional. Yang memotivasi masyarakat untuk mengonsumsi ikan,” ucap Syarif

Nilai protein ikan menurut Syarif sangat tinggi. Ikan mengandung protein lebih lengkap ketimbang dengan protein hewani lainnya‎.

Protein ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan badan. Mempertahankan dan memelihara kesehatan tubuh. “Dan mencerdaskan otak anak,” katanya.

Syarif menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan kepada masyarakat tersebut di 10 titik stunting.

Antara lain Kecamatan Cikoneng, Sukadana, Lumbung, Pamarican, Sadananya, Panumbangan, Banjarsari, Ciamis, Cihaurbeuti dan Cijeungjing.

Mengingat pentingnya gizi seimbang, lanjut Syarif, maka harus ingatkan anggota keluarga untuk selalu mengonsumsi makanan yang berprotein.

Salah satunya yaitu dengan makan ikan yang memiliki kualitas protein hewani yang tinggi.

Ia juga menerangkan bahwa angka konsumsi ikan di Kabupaten Ciamis untuk tahun 2020 mencapai 18,86 kg dari target 18,83 kg. Atau mencapai target 100,16%.

“Angka tersebut harus kita tingkatkan,” ungkap Syarif.

Untuk itu, Pemda melalui Disnakkan Ciamis bekerja sama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan dan Bidan Desa melakukan Sosialisasi Gemarikan pada 10 titik. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan