Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Galuh Utama FootBall, Akademi Sepak Bola Pertama di Ciamis

Ciamis, galuh.id – Kabupaten Ciamis terkenal dengan Sepak Bolanya. Lantaran ada salah satu Klub kebanggaan Tatar Galuh yang saat ini sedang berlaga di Liga 2 Indonesia. Yaitu Persatuan Sepak Bola Galuh Ciamis (PSGC). 

Namun, pendidikan atau akademi untuk mendidik dan mencetak atlet Professional Sepak Bola di Ciamis masih belum ada. Berbeda dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang jumlahnya sudah mencapai ratusan di Ciamis.

Sudah tiga bulan ini, Ciamis mempunyai Akademi sepak bola yang pertama. Yakni, Akademi Galuh Utama Football. Akademi tersebut diinisiasi oleh Johan J. Anwari yang juga sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat.

Johan menjelaskan, akademi sepak bola yang dibentuknya ini merupakan lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan olahraga sepakbola dari anak usia mulai dari 13 tahun.

“Kami membuka pendidikan bagi anak mulai dari usia 13-14 tahun. Saat ini siswanya sudah ada. Mulai dari Pangandaran, Banjar, Ciamis, hingga Garut,” kata Johan kepada Galuh ID saat menggelar latihan di Lapangan Jorawi, Maleber, Kabupaten Ciamis, Senin (7/10/2019).

Dia menjelaskan, pembelajaran di akademi sepak bola Galuh Utama anak diajarkan mulai dari segi taktik, teknik pengolahan bola, keterampilan individu, kerjasama tim, sampai pada teknik pernapasan, dan kecepatan dalam dribbling.

“Kami fokus pada pembentukan person-nya. Sumber daya manusia (SDM) ini yang nanti akan menjadi atlet professiobal karena dididiknya juga oleh orang-orang yang sudah punya sertifikat di bidangnya,” ujar Johan.

Menurutnya, keluaran dari akademi sepak bola Galuh Utama sudah pasti untuk melahirkan bakat pemain profesional di usia 18 tahun. Hingga mereka mendapat kontrak dari klub profesional.

“Tunggu tiga tahun lagi, Ciamis bakal punya atlet hebat. Sekarang bibit-bibitnya sudah ada. Kami sedang cetak. Sebelum keluar dari akademi, mereka pasti kami berikan kesempatan, istilahnya magang, di klub-klub profesional,” ujar Johan.

Akademi Sepak Bola Galuh Utama tidak hanya mendidik atlet dalam segi tekhnik. Johan mengatakan, ada pembelajaran atau kurikulum pesantren di akademinya tersebut. Sehingga kedepan, para atlet binaannya sudah mampu menghafal Alquran.

“Selain tekhnik sepak bola. Didikan kami juga akan punya khas tersendiri. Mereka bisa menghafal Al-quran. Itulah akademi khas Galuh kan. Orangnya jago sepak bola akhlaknya pesantren, bisa menghafal Alquran,” tegasnya. (galuh.id/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.