Rabu, 28 Juli 2021
Rabu, 28 Juli 2021
BJB

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020).

Pasalnya warga yang bernama Irin yang beralamat di RT 22 RW 10 tersebut berhasil meraih juara pada acara Festival Pisang.

Adalah Kampung KB Mawar yang menggelar acara tersebut, dan juga menyiapkan satu ekor kambing yang akan menjadi milik sang juara.

Irin berhasil meraih juara karena pisang jenis ambon miliknya berhasil meraih juara sebagai pisang terberat, yakni 41 kilogram.

Sang juara, berhasil menyisihkan 79 peserta dari 80 peserta yang mengirimkan pisang hasil dari berbagai jenis.

Menurut salah satu pengurus Kampung KB Mawar dan juga panitia Aep Iskandar menyebutkan untuk festival kali ini tidak ada kategori.

“Kali ini kita tidak menggunakan kategori, hanya pisang terberat dari berbagai jenis, festival berikutnya kita akan mencoba membuat kategori,” jelasnya.

Tanam Pisang Untuk Membayar Pajak

Menanam pisang tersebut merupakan awal dari salah satu program Kampung KB Mawar yaitu Membayar Pajak Dengan Pisang (Mapais).

Ketua Kampung KB Mawar yang juga Kepala Dusun Nagrog, Hernawan menjelaskan kegiatan festival tersebut dalam rangka menuju program Mapais.

“Ini merupakan upaya awal kita sebagai perangsang pada masyarakat untuk menanam, dan hasilnya juga untuk membayar pajak,” jelas Henawan.

Hernawan juga menyampaikan, untuk saat ini festival berbarengan dengan kegiatan Hari Krida Pertanian tingkat Kecamatan Cijeungjing.

Namun Hernawan juga menambahkan, nantinya pihaknya akan membuat festival pisang dengan acara terpisah atau membuat acara sendiri.

Pada kegiatan tersebut panita menyebutkan kurang lebih 2 ton pisang dari berbagi jenis hasil tanam warga terkumpul di Bale Sawala.

Seluruh pisang dari berbagai jenis memiliki harga yang bervariatif tergantung jenis, pengunjung bisa langsung membeli dalam keadaan masih segar.

Hernawan juga menyampaikan adanya hadiah satu ekor domba sebagai motivasi untuk warga agar menanam pisang berbagai jenis.

“Harapannya warga semangat menanam pisang dan turut mendukung program Mapais, meskipun nantinya menanam pisang menjadi suatu upaya meningkatkan perkonomian,” pungkasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan