Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Hari Kanker Sedunia, RSUD Ciamis Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Payudara

Hari Kanker Sedunia, RSUD Ciamis Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Payudara

Berita Ciamis, galuh.id – Dalam rangka Hari Kanker Sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan seminar deteksi kanker yang mengusung tema One Day Symposium Early Detection in Breast Cancer, Kamis (27/2/2020) di Aula RSUD Kabupaten Ciamis.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Ciamis, dr. Budi.

Direktur RSUD Kabupaten Ciamis, dr. Rizaldi Sofyan mengatakan, penderita kanker di Kabupaten Ciamis saat ini cukup tinggi. Rata-rata penderita sudah memasuki stadium akhir, salah satunya kanker payudara. Kalau sudah memasuki stadium akhir, tingkat penyembuhannya sulit walau ada beberapa yang bisa ditangani.

“Saat ini, RSUD Kabupaten Ciamis mempunyai alat untuk mendeteksi secara dini kanker payudara, alat ini satu yaitu Invenia Abus, ini merupakan alat satu-satunya di Jawa Barat yang ada hanya di Ciamis,” katanya.

Dengan alat Invenia Abus ini, tambah dia, bisa mendiagnosa sedini mungkin penyakit kanker khususnya kanker payudara. Namun, untuk saat ini penanganan kasus kanker payudara masih dirujuk ke rumah sakit lain, karena di RSUD Ciamis masih kekurangan SDM dan dokter spesialis.

“Dengan adanya alat ini, diharapkan bisa mengatasi sedini mungkin kanker payudara di Kabupaten Ciamis. Saya juga mengimbau kepada kaum perempuan agar selalu menjaga pola hidup dan makan, jika ada keganjalan dengan payudaranya lebih baik langsung periksa ke RSUD Ciamis, kami akan langsung mendeteksinya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra mengatakan, kanker payudara adalah penyakit kanker yang terdapat pada wanita dengan resiko tinggi, yaitu bisa menimbulkan kematian.

“Terkait kanker payudara, kesadaran kaum perempuan terkait kanker payudara belum tersosialisasikan di masyarakat. Kebanyakan yang datang ke dokter itu sudah mengidap kanker dan sudah stadium lanjut atau akhir,” katanya.

Yana menambahkan, wawasan masyarakat terkait kanker payudara harus di ketahui secara luas. Melalui simposium ini diharapkan bisa menginformasikan kembali tentang apa itu kanker payudara dan bagaimana penanganannya.

“Yang paling penting menginformasikan kepada masyarakat. Saya harap masyarakat Ciamis sehat, semoga bisa tercapai sinergitas berbagai elemen dalam menyosialisasikan budaya hidup sehat dan pencegahan serta deteksi dini penanganan penyakit,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...