Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Hasil Ternak Kurang, Disnakkan Ciamis Dorong Budidaya Ikan

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis mendorong lembaga pendidikan dan para petani untuk budidaya ikan, guna memenuhi kebutuhan ikan konsumsi.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat, Kantor Peternakan juga memberikan bibit ikan kepada kelompok-kelompok tani ikan dan lembaga pendidikan.

Kepala Disnakkan Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan, ikan konsumsi hasil peternakan masih kurang. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, harus mendatangkan dari luar daerah.

“Para petani ikan di Ciamis hanya bisa memenuhi 50 persen dari kebutuhan, sehingga untuk memenuhinya harus mendatangkan dari luar daerah,” kata Syarif, Kamis (6/11/2020).

Dengan begitu, maka untuk Kabupaten Ciamis ini peluang usaha perikanan masih cukup besar.

Kendati demikian, hasil 50 persen ini terbilang sudah cukup baik. Pasalnya beberapa waktu ke belakang, produksi ikan di Kabupaten Ciamis hanya 30 persen dari kebutuhan.

“Hasil ini sebenarnya sudah lumayan baik. Karena kalau melihat ke belakang hasil produksi ikan hanya 30 persen dari kebutuhan,” katanya.

Budidaya Ikan Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Lebih lanjut Syarif menuturkan, untuk memenuhi kebutuhan ikan konsumsi bagi masyarakat Ciamis, pihaknya mendorong para petani ikan untuk budidaya pada kolam masing-masing.

Pihaknya juga terus berupaya memberikan bantuan bibit ikan kepada kelompok-kelompok tani ikan dan lembaga pendidikan untuk memenuhi kebutuhan ikan konsumsi masyarakat.

“Kami memberikan bantuan bibit ikan. Agar nantinya bisa memelihara ikan pada kolam masing-masing. Sehingga kebutuhan ikan untuk masyarakat terpenuhi,” ujar Syarif.

Menurut Kepala Balai Pembibitan Ternak dan Ikan Yayat Ruhiyat, untuk hasil pembudidayaan yang baik, harus memperhatikan kedalaman kolam untuk kestabilan suhu perairan.

“Minimal 2 meter kedalam kolam untuk menstabilkan suhu. Agar terhindar dari perubahan suhu yang bisa mengakibatkan datangnya kendala dari penyakit ikan,” kata Yayat.

Sementara itu, Wakil Kepala SMKN 1 Cipaku, Dewi Nurdiyanti, mengucapkan terima kasih kepada Disnakkan Ciamis. Hal itu kantor peternakan telah memberikan bantuan bibit ikan Nila ke sekolahnya.

“Bantuan ini memberikan motivasi pada anak didik kami. Selain bisa belajar membudidayakan ikan dengan baik, juga bisa mendapatkan penghasilan dari ikan itu,” tutur Dewi. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...