Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Izin Dilonggarkan, Begini Syarat Gelar Resepsi Pernikahan di Jabar

Berita Jabar, galuh.id – Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta agar resepsi pernikahan di Jabar yang digelar masyarakat di masa AKB, harus mematuhi protokol kesehatan dan memenuhi persyaratan.

Hal itu disampaikannya, saat memantau resepsi pernikahan Avisa Ayuningdias dan M Farhan, yang digelar di salah satu hotel di Kota Bandung, secara daring, Sabtu (27/6/2020).

”Resepsi pernikahan yang diselenggarakan saat pandemi Covid-19, harus menyesuaikan diri dan memenuhi ketentuan,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Adapun izin resepsi pernikahan di Jabar dilonggarkan, karena Provinsi Jabar tidak memperpanjang PSBB skala penuh maupun parsial, kecuali untuk wilayah Bodebek.

PSBB Jabar tidak dilanjutkan. Sebagai gantinya, provinsi Jabar kini menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

Undangan Pernikahan di Jabar Dibatasi

Pada resepsi pernikahan di Jabar, undangan yang hadir dibatasi hanya 30 persen. Hal ini sesuai kebijakan Pemerintah Daerah (pemda) Kota Bandung.

Sementara tamu undangan lainnya, bisa menyaksikan resepsi pernikahan secara virtual melalui aplikasi.

Lebih lanjut, anak-anak dan lansia dianjurkan tidak mengikuti resepsi pernikahan. Protokol untuk makanan disajikan oleh penyelenggara ke meja undangan.

Penyajian makanan dalam resepsi pernikahan di Jabar tidak boleh dalam konsep standing party.

Kang Emil pun mengapresiasi resepsi pernikahan yang digelar Avisa Ayuningdias dan M Farhan. Karena mampu menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

Selain itu, resepsi pernikahan tersebut dinilai telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

”Yang penting adalah substansi syariat dari pernikahan. Yaitu akad nikah. Hal lain saya kira bisa disesuaikan,” tuturnya.

Menurut Emil, tamu undangan yang menyaksikan resepsi melalui aplikasi, bukan berarti mengurangi restu dan doa dalam merayakaan hari bahagia mempelai.

“Ini cara baru di masa pandemi. Dengan memanfaatkan teknologi. Tidak mengurangi rasa restu kita,” katanya.

Selain meninjau resepsi pernikahan, Emil juga turut memberikan tausiah pernikahan kepada Avisa Ayuningdias dan M Farhan. Sementara Wali Kota Bandung Oded M Danial, hadir menjadi saksi pernikahan.

Melalui tausiahnya, Emil menjelaskan bahwa dalam pandangan Islam, pernikahan adalah perjanjian yang sangat agung dan istimewa di mata Allah SWT.

“Ini menandakan bahwa pernikahan bukanlah perjanjian biasa. Tidak boleh dipermainkan. Sehingga nanti dalam perjalanan, harus berjuang keras mempertahankannya,” pungkas Emil. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi Jadi Percontohan di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Ponpes Assobariyyah Kota Sukabumi, Jawa Barat jadi percontohan bagi Ponpes di Jabar yang akan memulai kegiatan pendidikan dan...

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Mulai Disalurkan Hari Ini

Berita Jabar, galuh.id - Bansos Provinsi Jabar tahap II kini mulai disalurkan hari ini, Kamis (9/7/2020). Terkait dengan persiapan untuk penyaluran Bansos...

Wapres Ma’ruf Amin Apresiasi Kesiapan Sekolah Tatap Muka di Jabar

Berita Jabar, galuh.id - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kesiapan sekolah tatap muka di Jabar, saat meninjau protokol kesehatan di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Liga Inggris Siap Dimulai Kembali dengan Kampanye Black Lives Matter

Berita Olahraga, galuh.id - Liga Inggris akan kembali dilanjutkan mulai 17 Juni 2020, setelah sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Drama Korea Terbaru 2020, Temani Kamu Selama #dirumahaja

Selama pandemi corona, gerakan isolasi #dirumahaja membuat kamu perlu melirik sederet Drama Korea terbaru 2020 ini. Beragam tontonan menghibur...

Jika Tembus Liga 1, Persita Tangerang Dipastikan Banjir Bonus

Info Liga 2, galuh.id – Persita Tangerang akan bertarung di babak delapan besar Liga 2 Indonesia 2019. Laskar Cisadane berada di grup...

Masa Jabatan Kades Habis, Camat Banjarsari Ciamis Lantik PJS Desa Sukasari

Banjarsari, galuh.id - Iyon Zain Trio Mulyono disumpah dan dilantik Camat Banjarsari, Dedi Mudyana sebagai Penjabat Sementara (PJS) Desa Sukasari, Rabu...

Perkelahian Dua Saudara di Banjarsari Ciamis Berujung Maut

Ciamis, galuh.id - NS (33), warga Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, adu jotos dengan Agus Ahmad Gunawan (36) yang masih kerabatnya sendiri. Perkelahian itu terjadi lantaran...