oleh

Karang Taruna di Pamarican Ciamis Dirikan Posko Relawan Covid-19

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Tim Relawan Siaga yang terdiri dari Karang Taruna di Pamarican dan Tokoh Masyarakat Dusun Kertajaga, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis ikut peduli terhadap pencegahan wabah Virus Corona (Covid-19).

Sebagai bentuk kepedulian, mereka membangun Posko Relawan siaga Covid-19 di Dusun Kertajaga atas inisiatif dan kepedulian pemuda setempat.

“Kecamatan Pamarican sudah menjadi area zona merah,” ucap Ketua Karang Taruna di Pamarican tepatnya Dusun Kertajaga, Indra Yudistira. Minggu (05/04/2020).

Karena itu, tuturnya, maka harus sudah menjadi kepedulian bersama untuj memerangi wabah virus Corona ini.

Meski baru dua hari dibentuk, namun pihaknya telah bergerak satu minggu ke belakang dengan membantu Pemerintahan Desa Sukajaya untuk melakukan penyemprotan disinsfektan ke sejumlah rumah warga.

Selain itu, pihaknya siap membantu Pemerintahan Desa Sukajaya dalam menyukseskan program Gubernur Jawa Barat mendistribusikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu bila diperlukan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Indra juga menerangkan, Tim Relawan memiliki rencana untuk mengaktifkan lumbung pangan warga dengan mengetuk warga untuk menyumbangkan seikhlasnya beras atau pun sembako lainnya.

Dia menambahkan, apabila sudah terkumpul nantinya akan digunakan dalam keadaan darurat saja. Serta diperuntukan bagi warga kurang mampu apabila tidak mendapat bantuan dari pemerintah.

Sementara itu, Tim Relawan Siaga Covid-19 di Dusun Kertajaga ini memiliki rencana kegiatan rutin ke depan.

Diantaranya, kegiatan penyemprotan disinsfektan ke rumah-rumah warga yang diagendakan satu minggu sekali dan untuk saat ini baru dilakukan di area RW 02.

Kemudian, membantu menyebarkan informasi akurat kepada masyarakat khususnya dari Pemerintahan Desa Sukajaya.

Terlibat dalam mengedukasi dan memberikan dukungan psikologi sebagai bentuk mengurangi kepanikan masyarakat selama wabah Covid-19.

Selanjutnya, mengorganisasi dan mengarahkan masyarakat yang memerlukan informasi terkait alur tes maupun pemeriksaan.

“Khususnya bagi pemudik dari kota atau daerah zona merah yang disebut ODP sambil menyuruhnya untuk mengisolasi diri selama 14 hari,” terang Indra.

Sekaligus, tambahnya, para pemuda juga akan ikut memantau dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh ODP yang melaksanakan karantina di rumah.

Semua Lini Rembug Bersama Hadapi Covid-19

Indra menuturkan, siapa saja bisa terlibat dalam kegiatan ini, pihaknya akan terbuka untuk semua kalangan yang peduli. Khususnya dari warga Dusun Kertajaga.

Untuk sumber anggaran sendiri, Indra membeberkan, kegiatan ini murni dari sumbangsih warga. “Sumbangan patungan dari warga,” ucapnya.

Khususnya warga di lingkungan RW 02 dengan ditambah kas keuangan Karang Taruna Suta Kertajaga. Dia berharap, apa yang dilakukan pihaknya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Di sisi lain, Kepala Dusun Kertajaga, Cecep Ruspermana mengapresiasi kegiatan Tim Relawan dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah lingkungan RW 02 Dusun Kertajaga.

“Saya sangat mengapresiasi. Mudah-mudahan menjadikan motivasi untuk wilayah atau lingkungan yang lain,” tandasnya. (GaluhID/Maulana)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA