Keterwakilan Perempuan di DPRD Ciamis Masih Rendah

Ciamis, galuh.id – Anggota DPRD Kabupaten Ciamis periode 2019-2024 sudah dilantik beberapa waktu lalu, namun kursi keterwakilan perempuan masih belum memenuhi kuota 30 prsen.

Gini Hartati selaku ketua Forum Komunikasi Perempuan Politik (FKPP) Kabupaten Ciamis menerangkan, ada 30 prsen kuota perempuan di kursi parlemen.

Hal itu, kata dia, menjadi syarat mutlak terciptanya kultur pengambilan kebijakan publik yang ramah dan sensitif pada kepentingan perempuan. Tanpa keterwakilan perempuan di parlemen dalam jumlah yang memadai, kecenderungan untuk menempatkan kepentingan laki-laki sebagai pusat dari pengambilan kebijakan akan sulit dibendung.

“Kuota perempuan di kursi parlemen sangatlah penting untuk mengambil segala kebijakan dan kepentingan perempuan dalam segala aspek dalam kehidupan,” katanya.

Kouta perempuan di parlemen khususnya di DPRD Kabupaten Ciamis hanya mencapai 10 persen. Menurut Gini, hal ini belum mencapai target.

Karena itu pembentukan Forum Komunikasi Perempuan Politik ini diharapkan bisa menjadi bekal para anggota untuk menambah kursi di parlemen .

“Semoga forum ini bisa membekali para perempuan dan keterwakilan Perempuan tahun depan di kursi Parlemen,” jelasnya.

Ditambahkannya, rendahnya keterwakilan perempuan di ranah politik menjadi dasar pembentukan Forum Komunikasi Perempuan Politik yang berfokus pada kegiatan perempuan.

“Kami akan terus melakukan pendidikan politik kepada para perempuan sehingga akan terjadi penjamuran organisasi dan keterlibatan dalam berorganisasi di lingkungan masyarakat lebih diperhatikan lagi,” tambahhya. (Galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Selama Ramadan, Kulit Beduk di Ciamis Laku Keras

Ciamis, galuh.id - Haer (43) penjual kulit beduk di Ciamis kebanjiran rezeki selama Ramadan ini. Pasalnya, Haer yang telah puluhan tahun menggeluti...

SMAN 1 Lumbung Gelar Sertijab PMR di Puncak Jamiaki Ciamis

Lumbung, galuh.id - SMAN 1 Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar Pelantikan dan Sertijab anggota PMR angkatan II tahun pelajaran 2019/2020 di...

Sensus Penduduk Online Terakhir Hari Ini, Sudahkah Anda Mengisinya?

Sensus penduduk online di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan pada pertengahan bulan Februari 2020. Rencananya akan berakhir pada akhir bulan Maret 2020, namun...

Ribuan Warga Cikoneng Ciamis Akan Mendapatkan Bantuan Sembako

Berita Ciamis, galuh.id - Ribuan warga Cikoneng Ciamis akan mendapatkan bantuan berupa sembako, hal tersebut ditandai dengan disalurkannya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Subsidi Listrik Diperpanjang, Tarif Non Subsidi Dipastikan Tak Naik

Berita Nasional, galuh.id- Mulai 1 Juli, subsidi listrik diperpanjang untuk pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA hingga bulan...