Selasa, 28 September 2021
Selasa, 28 September 2021

Komitmen Ciamis Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Ini Strateginya

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

Herdiat menghadiri acara yang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI selenggarakan secara virtual tersebut dari Aula Bappeda Ciamis, Senin (7/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Herdiat menyampaikan Kabupaten Ciamis telah memperoleh penghargaan KLA kategori Pratama tahun 2017, 2018 dan 2019.

Kabupaten Ciamis terus berupaya untuk selalu meningkatkan status bagi perolehan anugerah KLA bersama lintas sektor, akademisi, LSOM, BUMN/BUMD dan media massa.

Adapun strategi untuk mewujudkan KLA yang telah dilakukan antara lain yaitu mengintegrasikan pemenuhan hak dasar anak dalam kebijakan program SKPD.

Kemudian memperkuat kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, lembaga swadaya masyarakat dan dunia usaha.

“Melalui advokasi, sosialisasi dan fasilitasi baik sumber daya, anggaran, sarana dan prasarana,” jelas Herdiat.

Strategi selanjutnya yaitu membangun jaringan kerja sama dan komitmen operasional kebijakan KLA.

Herdiat menerangkan, dengan Perda No 08 Tahun 2018, Kabupaten Ciamis memiliki komitmen mewujudkan KLA dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Hal itu untuk mempersiapkan anak sebagai generasi emas. Generasi penerus yang akan menentukan masa depan dan integritas diri dan bangsa Indonesia.

Menurutnya, anak tidak bisa terpisahkan dari keberlangsungan hidup sebuah bangsa dan negara.

Maka dari itu, anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Baik fisik, mental maupun sosialnya.

Harapannya dari perolehan yang sudah tercapai, dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan upaya pembangunan yang responsif anak di Kabupaten Ciamis.

Selain itu, Herdiat juga berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai seremonial saja, tapi juga mampu untuk mengimplementasikannya.

“Serta lebih semangat lagi untuk sama-sama bahu membahu melindungi anak-anak kita dari hal-hal yang tidak kita harapkan,” tandasnya.

Kepala Dinas P2KBP3A Ciamis Dian Budiana, menambahkan seluruh OPD yang ada memiliki peran penting dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
277PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan