oleh

Kopgab Lintas Komunitas Deklarasi Ciamis Damai dan Kondusif

 
 

Ciamis, galuh.id – Sejumlah pemuda dari Kopgab Lintas Komunitas Ciamis mendeklarasikan Ciamis damai dan kondusif. Setidaknya 20 komunitas hadir di acara yang diselenggarakan di halaman Tourism Information Center (TIC) Ciamis, Sabtu (18/5/2019).

Terlihat hadir dalam acara tersebut para anggota lintas komunitas, mulai Komunitas Pemusik Jalanan, Komunitas Tato, Suporter Balad Galuh, hingga beberapa komunitas motor seperti Moonraker, GBR, XTC, dan BRIGEZ.

Ketua DPRD Kabupaten Ciamis dan Kepolisian dari Polres Ciamis turut hadir pada deklarasi damai yang juga sekaligus pembukaan Bazar Ramadan gabungan komunitas tersebut.

Nanang Permana, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana mengapresiasi acara yang digagas oleh gabungan komunitas yang ada di Kabupaten Ciamis tersebut.

Menurutnya, kegiatan positif seperti itu harus dicontoh, apalagi mengingat anak jalanan selalu dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat.

“Namun lewat acara ini, buktinya mereka bisa duduk bersama, saling bertukar pikiran, apalagi saya mendengar acara ini diselenggarakan dengan dana patungan. Tanpa harus meminta-minta memakai proposal, atau bersandar kepada pemerintah. Dengan dana seadanya mereka bisa melakukan kegiatan seperti hari ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, suhu politik yang hangat akhir-akhir ini tidak berpengaruh pada kebersamaan yang ditunjukkan berbagai komunitas yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Mereka cuek-cuek saja bercengkrama tanpa ada perbedaan. Padahal saya tahu mereka tadinya berbeda pilihan pada 17 April lalu, akan tetapi mereka bisa kembali duduk bersama. Ini yang harus kita contoh terutama oleh organisasi politik,” ucap Nanang.

Nanang berharap pemerintah menyadari potensi anak muda yang bisa berinovasi dalam kegiatan positif seperti kegiatan pada sore hari itu.

“Setidaknya melirik, citra negatif mereka tentang tawuran, minum-minuman keras sudah tidak ada lagi, mereka sudah berubah dan berevolusi,” katanya.

Nanang berpesan kegiatan seperti ini harus didukung bersama-sama. Terutaman untuk menjaga tali persaudaraan.

“Pupuk terus rasa percaya diri, kebersamaan dan mandiri, itu yang nomor satu yang harus dijaga,” pungkasnya.

Sementara Giak, inisiator kegiatan mengatakan kegiatan ini direncanakan untuk tmenjaga tali persaudaraan antar komunitas di Kabupaten Ciamis. Pada dasarnya, kata Giak untuk menjaga Ciamis dalam kondisi yang kondusif, tanpa ada perpecahan .

“Tidak bisa dipungkiri selalu saja terjadi gesekan-gesekan antar komunitas motor di jalanan, entah itu tawuran ataupun yang berbau-bau kriminal. Pada acara hari ini kami bantah, kami pun bisa menjaga kondusifitas terutama kenyamanan, keamanan Kabupaten Ciamis tercinta ini,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Giak, selain pembukaan Pasar Ramadan lintas komunitas, mereka juga mendeklarasikan Ciamis damai dan kondusif.

“Bisa disaksikan oleh pemerintah maupun Kepolisian bahwa dalam menjaga keamanan dan ketertiban kami juga siap,” pungkasnya. (galuh.id/Fahmi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA