Jumat, 4 Desember 2020
Jumat, 4 Desember 2020
 
 

Longsor dan Banjir Banjarsari Ciamis, Anggota DPR RI Salurkan Bantuan Sembako

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Anggota DPR RI XI Didi Irawadi menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak longsor dan banjir Banjarsari dan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Didi didamping oleh Anggota DPRD Ciamis Komisi C dari Partai Demokrat Hakimah dan Sekretaris DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara.

“Saya mendengar kabar duka dari masyarakat Ciamis. Kemudian saya langsung berkoordinasi dengan Ibu Hakimah. Untuk menindaklanjuti apa yang bisa kami bantu untuk masyarakat terdampak,” kata Didi, Rabu (4/11/2020)

Didi memberikan bantuan 500 paket sembako untuk warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar.

Bantuan sembako tesebut secara simbolis diterima oleh Camat dan perwakilan Kepala Desa setempat.

Menurut Didi, kejadian ini harus menjadi perhatian pemerintah setempat. Untuk melakukan kajian kepada wilayah rawan bencana, dan melakukan upaya-upaya pencegahan.

Camat Banjarsari Dedi Mudyana menjelaskan, kondisi per hari Rabu (4/11/2020) sebanyak 4.609 rumah dan 39 fasilitas umum mengalami kerusakan.

Dampak Kerusakan Longsor dan Banjir Banjarsari

Rinciannya, kondisi satu rumah kategori rusak berat. Selebihnya mengalami kerusakan ringan. Kemudian, warga terdampak banjir sebanyak 4.891 KK 14.532 jiwa.

“Kami terus melakukan pendataan. Dan melakukan pemulihan bersama,” katanya.

Camat Banjaranyar Dedi Iwa menuturkan, kondisi per hari Rabu (4/11/2020) sebanyak 1.369 KK 3.399 jiwa terdampak banjir dan longsor. Pihaknya saat ini tengah merevitalisasi pasca banjir.

“Data terus kami update. Untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa,” ujar Dedi Iwa.

Sementara Hakimah mengatakan, Komisi C DPRD Ciamis sudah melakukan rapat bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) untuk menyikapi bencana ini.

Rencananya, pada hari Kamis (5/11/2020) pihaknya akan meninjau beberapa titik yang rawan bencana di Banjarsari dan Banjaranyar agar segera dilakukan langkah preventif.

”Intinya kita menekan pemerintah segera mengambil langkah-langkah untuk menanggulangi dan mencegah bencana di masa mendatang,” tegas Hakimah.

Selain memberikan bantuan sembako, anggota DPR RI ini juga melakukan reses ke sejumlah titik di Kecamatan Lakbok dan Purwadadi untuk menyapa dan menampung aspirasi masyarakat. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...