Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Longsor di Bunter Sukadana-Ciamis, Sawah Siap Panen Hancur

Ciamis, Galuh.ID – Kabupaten Ciamis akhir-akhir ini diguyur hujan. Sehingga diperlukan kewaspadaan dan antisipasi terjadinya bencana seperti longsor dan banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Ciamis telah melakukan Rapat Kordinasi untuk antisipasi menghadapi musim hujan di Kabupaten Ciamis. Ani Supiani, Kabid Kedaruratan dan Logistik mengungkapkan dari hasil Rakor tersebut warga dimohon untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Tak lama dari Rakor tersebut bencana longsor terjadi di desa Bunter Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis. Hasil laporan dari kepala desa Bunter, kecamatan Sukadana, Karso Rahman membenarkan terjadinya longsor sungai Cigebud pada Senin (5/11/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Panjang longsor di Sungai Cigebud 10 meter dan lebar sungai 3 meter.

Dampak dari longsor tersebut adalah sekitar aliran air ke 50 Hektar sawah terhenti akibat sungai Cigebud yang tertutup tanah longsor.

“Yang terkena langsung akibat longsor ada sekitar 4 bata sawah rusak parah sehingga padi yang sedang mulai mekar hancur,” terangnya.

Karso sudah melaporkan kejadian longsor ini ke tingkat kabupaten dan berharap ada bantuan untuk perbaikan.

“Untuk saat ini yang dilakukan masyarakat bergotong royong sedikit memperbaiki dengan seadanya agar air bisa mengalir ke sawah masyarakat. Sungai ini sangat diperlukan oleh masyarakat untuk kebutuhan air mengairi sawah masyarakat,” pungkasnya.

(Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Warga Resah, 4 Domba Mati Mengenaskan di Cibadak Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis dibuat resah dengan ditemukannya empat ekor domba mati yang disimpan di...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...