Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Melestarikan Olahraga Tradisional, 7 Daerah Ikuti Lomba di Ciamis

spot_img

Melestarikan Olahraga Tradisional, 7 Daerah Ikuti Lomba di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Sedikitnya 7 Kota/Kabupaten di Jawa Barat mengikuti lomba olahraga tradisional. Kegiatan yang digelar oleh Disbudpora Provinsi Jabar ini dalam gebyar segar bugar masyarakat Jawa Barat 2020, di Taman Lokasana, Ciamis, Sabtu (7/3).

Kabid Kebudayaan Olahraga Disbudpora Jabar, Dadang Abdulrakhman mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya membudayakan olahraga. Sekaligus menumbuhkan dan melestarikan olahraga tradisional. “Melestarikan budaya olahraga tradisional,” ujar Dadang.

Dalam kegiatan ini ada 7 Kota/Kabupaten yang menjadi peserta, yakni Ciamis, Cimahi, Cirebon, Kuningan, Banjar, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Ditambah 27 Kecamatan se-Ciamis.

“Total kontingen yang ikut serta dalam kegiatan ini sebanyak 638 orang,” jelas dia.

Ada 5 cabang olahraga tradisional yang dilombakan, yakni Egrang, Sumpitan, Dorongan, Hadangan dan Tarumpah panjang. Itu merupakan cabang yang universal ada di seluruh provinsi di Indonesia. Sekadar diketahui, olahraga tradisional sudah dilombakan hingga tingkat nasional.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berterimakasih ke Disbudpora Jabar yang telah menggelar even di Ciamis. Selain menjalin silaturahmi dengan daerah lain, juga sebagai upaya melestarikan olahraga tradisional, supaya digemari masyarakat.

“Lebih penting lagi kami mengajak warga untuk menggiatkan perilaku hidup sehat bersih, salah satuhya dengan olahraga. Kalau badan sehat tentu bisa menangkal virus corona. Insyaallah kalau sehat kalau bersih kita aman, Ciamis aman,” tegas dia. (GaluhID/Dang)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan