Rabu, 14 April 2021
Rabu, 14 April 2021
BJB

Periksa Daging Kurban, Disnakkan Ciamis: Semua Sehat dan Layak Konsumsi

Ciamis, galuh.id – Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Disnakkan Ciamis, H Otong Bustomi, mengatakan, hasil dari pemeriksaan 3000 ekor hewan kurban secara post mortem, hasilnya semuanya sehat dan layak untuk dikonsumsi.

“Alhamdulillah semua sehat dan layak dikonsumsi, walaupun tadi ada laporan hasil pemeriksaan sementara ditemukan cacing hati kurang dari 1 persen,” katanya Minggu (11/8/2019).

Sekertaris Disnakkan Ciamis Otong menerangkan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan dua kali, yaitu sebelum disembelih atau ante mortem dan setelah disembelih atau post mortem.

“Pemeriksaan hewan kurban yang masih hidup di lokasi kandang bertujuan untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan hewan,” terangnya.

Selain pemeriksaan ante mortem, pihaknya juga melakukan pemeriksaan post mortem atau pemeriksaan pasca disembelih.

Pemeriksaan post mortem meliputi kesehatan organ dalam atau jeroan, karkas atau daging. Tujuannya untuk mendeteksi dan mengeliminasi kelainan pada daging dan organ dalam.

“Pemeriksaan post mortem ini juga untuk memperkuat hasil pemeriksaan ante mortem sebelumnya, sehingga daging dan jeroan aman untuk dikonsumsi, ” paparnya.

Dijelaskannya, hewan kurban yang memiliki cacing hati merupakan sapi yang dikirim atau dibeli dari luar Kabupaten Ciamis.

“Kalau sapi yang berasal dari peternak Ciamis, alhamdulillah bagus-bagus. Karena sebelumnya para peternak sudah diberikan bimbingan cara pengendalian penyakit cacing hati,” jelasnya (Galuh.id/Dede)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Uji Coba PBM Tatap Muka Sekolah di Ciamis Pertengahan Ramadhan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berencana menggelar uji coba PBM atau Proses Belajar Mengajar tatap muka tingkat SD, SLTP, SLTA dan Madrasah. Rencana pelaksananaannya...

Urus SIM di Ciamis Tak Perlu Antre, Cukup Pakai Aplikasi Sinar

Berita Ciamis, galuh.id - Korps Lalu Lintas Polri meluncurkan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) yaitu aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan SIM online. Peluncuran aplikasi ini...

Polres Ciamis Ungkap Kasus Narkotika Psikotropika dan Miras Oplosan

Berita Ciamis, galuh.id - Polres Ciamis telah melakukan operasi penyakit masyarakat (Pekat) Lodaya 2021 terhitung dari 4 April hingga 13 April 2021. Operasi itu...

Temukan Kami

47,739FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya