Kamis, 16 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
 
 

Perubahan Nama Ciamis Jadi Galuh Perlu Kajian Akademisi

Ciamis, galuh.id – Setelah Dr. H. Herdiat Sunaraya resmi menjabat sebagai Bupati Ciamis, upaya pegembalian nama Ciamis menjadi Galuh kini mulai mencuat kembali. Namun, perubahan nama tersebut masih memerlukan kajian akademisi.

Herdiat pun mendukung perubahan nama Ciamis kembali menjadi Kabupaten Galuh. Apa lagi setelah mendapat sinyal kuat datang dari Gubernur Jawa Barat.

“Dulu saya sempat berdialog dengan Gubernur, malahan Pak Gubernur Ridwan Kamil sempat menanyakan apakah Ciamis mau diubah nama menjadi Kabupaten Galuh. Karena menurut Pak Gubernur, ternyata lebih gagah Galuh ketimbang Ciamis, saya pun bilang siap,” katanya saat menghadiri dialog bersama budayawan, kabuyutan Galuh, serta praktisi sejarah di Dinas Pariwisata Ciamis, Kamis (18/07/2019).

Herdiat mengatakan, perubahan nama Ciamis menjadi Kabupaten Galuh perlu kajian-kajian akademisi.

“Makanya saya minta masukannya dari berbagai elemen seperti budayawan, sejarawan, akademisi dan lainnya,” katanya.

Herdiat juga meminta pendapat sejumlah budayawan dan akademisi terkait slogan Kabupaten Ciamis.

“Slogan Ciamis ada yang wajib dan sunah. Slogan Ciamis yang wajib saat ini yakni Ciamis Manis Manjing Dinamis, untuk slogan yang sunah saya minta pendapat dari para ahli, slogan yang sesuai dengan visi dan misi serta kedaerahan. Karena slogan yang sunah itu sesuai periode kepemimpinan Bupati,” paparnya.

Untuk memulai mengembalikan nama Ciamis ke Galuh, saat ini beliau kerap memakai pin berlambang Galuh di baju dinasnya. Kebiasaan itu pun diikuti sejumlah anak buahnya di Instansi Pemda Ciamis.

Ia berharap, dengan menggunakan pin galuh tersebut tujuannya untuk memotivasi dan membangkitkan semangat Kegaluhan kepada masyarakat, agar Ciamis mencapai kejayaan seperti Kerajaan Galuh dulu.

“Walaupun menuai pro kontra, tetapi ini sebagai upaya untuk mengembalikan nama Ciamis mejadi Galuh,” harapnya. (Galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pengendara Motor di Ciamis Wajib Jaga Jarak

Berita Ciamis, galuh.id -Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pengendara motor di Ciamis harus jaga jarak ketika berhenti di lampu merah. Hal...

Warga Sambut Baik Pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga sambut baik dengan pembukaan Jalan Lingkar Selatan Ciamis untuk kendaraan angkutan barang yang menuju Jawa Tengah.

Pemkab Ciamis Usulkan 3 Hutan Konservasi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Ciamis mengusulkan 3 hutan konservasi, di antaranya Suaka Margasatwa (SM) Gunung Sawal, Gunung Geger Bentang...

Temukan Kami

49,342FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bansos Provinsi Jabar Tahap II Sediakan Komoditas Susu

Berita Jabar, galuh.id -  Bansos Provinsi Jabar atau Bantuan Sosial Provinsi Jawa Barat akan menyediakan komoditas susu dalam paket Bansos tahap II.

Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Berita Nasional, galuh.id - Kartu Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli 2020. Akhirnya program pelatihan untuk pencari kerja ini kembali dibuka...

Sama-sama Terlibat Prostitusi, Ini Perbedaan Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel

Kasus Hana Hanifah dan Vanessa Angel kembali menjadi perdebatan di publik netizen Indonesia hingga saat ini. Hana Hanifah seorang selebriti FTV tertangkap...

Ericko Lim Selingkuh, Jesica Jane Buka-bukaan

Ericko Lim selingkuh menjadi sorotan seluruh jagad dunia maya di Indonesia baik facebook, twitter, instagram hingga youtube. Ericko Lim dikenal di Indonesia...

Profil Hana Hanifah, Artis FTV yang Viral Karena Dugaan Prostitusi

Sebagai artis yang muncul lewat Film Televisi (FTV), profil Hana Hanifah bisa dibilang cukup terkenal. Wanita berusia 23 tahun ini pernah berseteru...