Pohon Dijadikan Alat Promosi, Pemuda Ciamis Gelar Aksi Cabut Paku

Ciamis, galuh.id – Sejumlah pemuda peduli lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Ciamis Hijau melakukan aksi cabut paku di sepanjang jalan Kota Ciamis mulai dari Kecamatan Baregbeg, Jumat (12/04/2019).

Para musisi Ciamis dan mahasiswa serta beberapa pemuda lainnya yang tergabung dalam Aliansi Ciamis Hijau prihatin dengan maraknya pohon yang dijadikan alat promosi dan alat kampanye.

Apalagi saat ini merupakan tahun politik, pohon yang dipaku dengan berbagai Alat Peraga Kampanye (APK) banyak ditemui di sepanjang jalan Kota Ciamis.

“Kami tergerak dengan melihat pohon-pohon sepanjang raya Ciamis banyak yang dijadikan sebagai media promosi dan kampanye, bahkan mirisnya alat promosi dan kampanye tersebut dipaku di pohon,” ujar Sopyan Romjani inisiator aksi cabut paku saat diwawancara Galuh ID, Jumat (12/04/2019).

Lanjut Sopyan, pihaknya merasa prihatin dengan banyaknya paku-paku yang menempel di pohon ini. Hal tersebut menurutnya merupakan pelanggaran lingkungan yang sudah diatur di dalam undang-undang.

“Kelakuan orang seperti itu sangat menyakiti pohon, sudah jelas pohon itu makhluk hidup, jadi jangan semena-mena pohon dipaku untuk dimanfaatkan sebagai media promosi dan kampanye,” tegasnya.

Sopyan juga mengatakan apabila terjadi bencana pohon tumbang, maka jangan salahkan seolah-olah bencana alam, namun dia menilai hal tersebut sebagai kesalahan manusia yang tidak bisa menjaga lingkungan hidup, khususnya pohon sebagai penghasil oksigen.

“Pohon itu makhluk hidup yang ingin hidup bebas sama seperti manusia, jangan diskriminasi, mari kita jaga keseimbangan alam dengan manusia agar alam pun tidak murka kepada kita,” katanya.

Lebih lanjut Sopyan mengajak kepada masyarakat untuk tidak melakukan promosi atau kampanye di pohon, karena merupakan pelanggaran. Apalagi ketika dipaku, maka pohon tersebut bisa mati.

Sopyan berharap dengan diadakan kegiatan ini masyarakat paham dan peduli terhadap lingkungan. “Kegiatan ini juga salah satu bentuk kampanye atau edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli dan menyayangi pohon-pohon sebagai alat produksi oksigen yang sangat dibutuhkan manusia,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Editor : K. Putu Latief

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Bank Danamon Peduli Lingkungan 2018 di SMP N 3 Baregbeg Ciamis

CIAMIS - Sabtu (5/5/2018) Bank Danamon menyambangi SMP N 3 Baregbeg dalam rangka pelaksanaan program Peduli Lingkungan 2018. Kegiatan yang dihadiri oleh Komisi IV DPRD...

Jadwal Liga 2 2020 Belum Keluar, Persewar Waropen dan PSBS Biak ‘Santai’

Jadwal Liga 2 2020 Belum Keluar, Persewar Waropen dan PSBS Biak 'Santai' Info Liga 2, galuh.id - Jadwal...

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Umat Islam Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Semakin gencarnya pemberitaan wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia, membuat sejumlah masyarakat panik dan mengalami kecemasan berlebihan.

Yayasan Ar-Rahman Buktikan Komitmen Sebagai Lembaga Pendidikan Peduli Lingkungan

Ciamis, Galuh ID - Yayasan Pendidikan Ar-Rahman yang berkomitmen untuk membiasakan para siswanya agar menjaga kebersihan dan peduli lingkungan, setelah terbiasa dengan Gerakan Pungut...

Di Upacara Adat Ngikis, Wakil Bupati Berharap Wisata Budaya Ciamis Bisa Go Internasional

Cijeungjing, galuh.id - Upacara Adat Ngikis yang rutin digelar di situs Cagar Budaya Karangkamulyan, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, tahun ini...