Polres Ciamis Gelar Operasi Ramcek Angkutan Umum

70

Ciamis, galuh.id – Polres Ciamis melalui Satuan Lalu Lintas bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis menggelar Operasi Ramcek angkutan umum di Terminal Ciamis. Operasi ini bertujuan untuk mengecek kelayakan kendaraan dan kelengkapan seluruh mobil angkutan umum yang melintas di Terminal Ciamis, Senin (20/5/2019).

Operasi Ramcek sudah 2 hari dilaksanakan, mulai hari Minggu, 19 Mei 2019 lalu. Rencananya operasi ini akan dilaksanakan sampai 7 hari ke depan.

“Kami melakukan Operasi Ramcek kendaraan, khusus angkutan umum yang melintas di Terminal Ciamis dari mulai kelayakan mobil dan surat-surat kelengkapan kendaraan,” ujar AKP. M Bima Gunawan Jauharie, S.I.K saat diwawancara di Terminal Ciamis, Senin siang (20/05/2019).

Bima mengatakan tujuan dilaksanakan Ramcek ini yaitu untuk persiapan operasi ketupat. Harapannya nanti semua kendaraan angkutan umum surat-suratnya lengkap dan kendaraan pun layak, guna mengurangi angka kecelakaan.

“Kami persiapan dari sekarang agar nanti semua kendaraan umum layak dan lengkap, kami mengutamakan keselamatan berkendara, jangan sampai nanti pada saat sibuk banyak pemudik lebaran kendaraan yang dipakai tidak layak dan lengkap,” tuturnya.

Bima juga menyampaikan kekhawatiran atas kelayakan kendaraan, apalagi transportasi umum yang membawa banyak penumpang. Karena itu, pihaknya menggelar Ramcek untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang melibatkan moda transportasi umum.

“Kami merasa khawatir dengan kelayakan dan kelengkapan moda transportasi umum, makanya kami melakukan operasi Ramcek untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” pungkasnya.

Sementara pihak Dinas Perhubungan Ciamis yang diwakili salah satu petugas, Yanti, mengatakan pihak Polres Ciamis meminta bantuan kepada Dishub untuk membantu mengecek kelayakan kendaraan dan izin trayek.

“Kami mendapatkan kendaraan umum jenis Bus patas izin trayeknya tidak sama dengan papan jurusan yang dipasang di mobil dan kendaran bus mini tidak memiliki STNK,” ujar Yanti.

Pihaknya sementara memberi peringatan kendaraan yang tidak lengkap agar segera melengkapi surat-surat yang tidak ada, sehingga nantinya bisa lengkap semua. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini