oleh

Rawan Pencurian Jangan Lupa Aktifkan Kunci Ganda Pada Motor

 
 

Tips, galuh.id – Rawan pencurian saat ini membuat kita harus lebih waspada, salah satunya pemilik sepeda motor yang harus mengaktifkan kunci ganda.

Masih sering ditemukan sepeda motor yang terparkir tidak menggunakan atau mengaktifkan kunci ganda yang sudah terdapat pada sepeda motor tersebut.

Bahkan sering kita jumpai pada suatu area parkir papan himbauan yang bertuliskan atau mengingatkan pengendara untuk mengaktifkan kunci ganda.

Kunci ganda yang merupakan fitur pada sepeda motor sejak Tahun 2000an sudah ada, namun masih banyak yang tidak memperhatikannya.

Fungsi utama kunci ganda yang menyatu dengan kunci kontak tersebut untuk menghambat pelaku kejahatan yang menggunakan kunci T.

Karena kunci ganda tersebut menutui lubang anak kunci, sehingga dengan ditutupnya dengan fitur tersebut rawan Pencurian oleh pelaku kejahatan akan kesulitan.

Seperti diketahui bersama alat utama pelaku kejahatan pencurian motor adalah kunci T, yang bisa membuka kunci stang dan menghidupkan motor.

Manfaat Kunci Ganda, Menghambat Pencuri

Untuk membuka kunci ganda tersebut, harus menggunakan kunci bawaan yang di dalamnya terdapat kombinasi magnet yang berbeda pada setiap motor.

Jika msih berfungsi dengan normal, meskipun jenis motor sama menggunakan kunci yang lain tidak dapat membuka kunci ganda tersebut.

Untuk mengaktifkan kunci ganda tersebut, setiap jenis motor berbeda beda, missal untuk jenis Honda terdapat dua cara untuk mengaktifkannya.

Generasi terdahulu untuk mengaktifkan atau menutup kunci dengan cara manual, yaitu dengan menggeser tonjolan kecil yang terdapat samping lubang kunci.

Namun masih jenis Honda terdapat pula yang otomatis menutup atau berfungsi ketika motor dikunci stang dan anak kunci dicabut.

Sehingga untuk yang type otomatis dengan catatan mengunci stang, pemilik motor tidak akan terjadi lupa menutup kunci ganda tersebut.

Untuk jenis lain dari motor jenis Yamaha, pemilik motor untuk mengaktifkan kunci ganda cukup menekan tombol samping lubang kunci utama.

Untuk membuka kembali seluruh type menggunakan anak kunci motor tersebut dan memasukan pangkal kunci dengan memasukan serta memutar kunci tersebut.

Dengan mengaktifkan kunci ganda tersebut paling tidak menghambat aksi yang dilakukan oleh pelaku kejahatan pencurian motor.

Jadi jangan lupa dan jangan malas untuk mengaktifkan kunci ganda tersebut, dan lebih meyakinkan dengan mengaktifkan kunci stang. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA