Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Rumahnya Jebol, Warga Rancah Ciamis Terpaksa Mengungsi

Berita Ciamis, galuh.id — Warga Dusun Cibuluh, RT 004, RW 009, Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terpaksa mengungsi lantaran rumahnya jebol akibat tertimpa tembok penahan tebing (TPT).

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya mengatakan, pemilik rumah yang tertimpa tersebut diketahui bernama Sahidin (50).

“Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 Wib, Selasa kemarin, (1/6/2021),” ujar Ade, Rabu (2/6/2021).

Saat itu kata Ade, dari sore hingga malam intensitas hujan cukup tinggi. Sehingga TPT yang ada di atas rumah korban tidak kuat menahan beban.

“Hingga TPT tergerus air hujan dan jebol, sehingga menimpa rumah milik warga di Dusun tersebut,” ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut, Sahidin dan keluarga terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Ade menjelaskan, tembok rumah milik warga Rancah Ciamis tersebut jebol hingga 8 meter. Termasuk ruang tamu dan kamar tidur terkena longsoran tebing.

Kerusakan dan kerugian korban masih didata. Perkiraan Sahidin mengalami kerugian Rp 25 juta.

“TPT yang diketahui milik Warja (64) mengalami kerugian sekitar Rp. 15 Juta,” ungkap Ade.

Ade mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Tagana siap melayani 24 Jam jika kemungkinan ada terjadinya bencana.

Sebelumnya diberitakan, akibat hujan yang terus mengguyur dari sore hingga malam pada Selasa (1/6/2021), beberapa wilayah Kabupaten Ciamis mengalami kebanjiran.

Wilayah yang terkena dampak luapan banjir dari derasnya air hujan tersebut berada di Kecamatan Rancah, Tambaksari, Sukadana, Kawali, Cipaku dan Ciamis. (GaluhID/Tony)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan