oleh

Sadari, Cara Mendeteksi Dini Kanker Payudara

Hubungi
 
 

Sadari, Cara Mendeteksi Dini Kanker Payudara

Berita Ciamis, galuh.id – Cara mendeteksi dini kanker payudara bisa dilakukan sendiri. Bagi Anda yang merasa punya benjolan di payudara Anda bisa memeriksanya sendiri apakah kanker atau tidak.

Loading...

Namun, untuk lebih meyakinkan, Anda bisa langsung pergi ke rumah sakit untuk memeriksanya langsung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr Yoyo, mengatakan, Dinkes hanya melakukan program pencegahan kanker payudara sejak dini. Sementara yang berhak memeriksa lebih lanjut adalah pihak Rumah Sakit.

“Kalau sudah dideteksi secara dini, selanjutnya menjadi kewenangan dari rumah sakit untuk memeriksa. Jika ada yang terdeteksi punya benjolan di payudaranya, maka kami serahkan penanganannya langsung ke rumah sakit,” ujar dr Yoyo, Jum’at (28/2/2020).

Namun, menurut dr Yoyo, deteksi dini kanker payudara bisa dilakukan sendiri, selain tentu saja juga bisa dilakukan oleh petugas kesehatan.

“Sadari atau periksa payudara sendiri bisa dilakukan di rumah, ini untuk deteksi dini adanya gejala kanker payudara,” katanya.

Menurutnya, untuk memeriksa adanya kanker dalam payudara, maka bisa dilakukan dengan meraba sekitar payudara, apakah ada benjolan atau tidak.

“Apabila setelah diperiksa ada benjolan baik diperiksa sendiri maupun oleh petugas kesehatan, walaupun sekecil apapun, segera periksakan diri ke rumah sakit, ini untuk memastikan apakah benjolan tersebut masuknya kanker atau bukan,” terangnya.

Namun, kata dr Yoyo, benjolan yang terdapat di payudara tidak selamanya berarti mengidap kanker, karena itu untuk memastikannya perlu diperiksa ke rumah sakit.

“Harus diperiksa ke rumah sakit, karena jika benar itu kanker, maka bisa ditangani lebih awal,” katanya.

Jika kanker pada payudara cepat diketahui, lanjutnya, maka penanganannya tidak akan sesulit seperti ketika kanker tersebut sudah parah.

“Kalau sudah parah, kanker payudara perlu penanganan secara maksimal,” pungkasnya. (GaluhId/Ndu)

loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA