Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Tak Hanya Belajar Agama, Santri Pesantren Persis 109 Ciamis Pamerkan Hasil Penelitian

Berita Ciamis, galuh.id – Santri Pesantren Persis 109, Kabupaten Ciamis memamerkan hasil penelitian dan kreasinya dalam acara bertajuk Show Exhibisi 2020 ‘Karya Santri Kreatif’.

Selain santri, sejumlah siswa SD dan pelajar tingkat SMA sederajat juga tampak berpartisipasi dalam kegiatan pameran pendidikan di Pesantren Persis 109 Ciamis tersebut.

Acara digelar di Aula Lt.3 Gd. Ibnu Abbas, Pesantren Persis 109 Kujang, Ciamis. Tepatnya di Jl. Lokasana No. 09 Kujang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Show Eksibisi diselenggarakan selama tiga hari. Mulai Sabtu, 8 Februari 2020 hingga Senin, 10 Februari 2020.

Karya Santri Kreatif

Salah satu hasil kreasi siswa adalah roket air, dari kelas XI MIA, Replika aneka macam pasar hasil karya kelas XII IIS, Analisis virus penyakit oleh kelas X MIA, dan replika gunung dari kelas X IIS.

Semuanya ditampilkan dalam rangka mengenalkan bidang-bidang ilmu yang mereka pelajari. Seperti Kimia, Fisika, dan Biologi untuk jurusan MIA, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, dan Sejarah untuk jurusan IIS.

“Kami senang bisa berkunjung, acaranya keren. Banyak studi ilmu yang bermanfaat. Ada pelajaran sejarah, sosiologinya juga. Ada juga yang buat roket air, dan bahkan ada juga yang membedah hewan. Kita jadi bisa tau bagian-bagian dalam hewan” ujar Ujang, salah satu pengunjung. Minggu, (09/02/2020).

Sementara Azis Hakim, S.Ag, Kepala Madrasah Aliah sekaligus penggagas kegiatan ini mengharapkan agar dengan diadakannya Show Exhibisi ini dapat menumbuhkan semangat mendalami studi ilmu.

Tidak hanya berkutat dan mahir dalam pengetahuan agama, santri juga diharapkan untuk bisa bersaing dengan dunia dalam bidang studi keilmuan umum seperti kimia, fisika dan sebagainya.

“Kami yakin, santri-santri tidak hanya dapat unggul dalam studi keagamaan. Namun santri juga wajib unggul dalam bidang studi lainnya. Ini adalah usaha kita untuk menjawab segala tantangan zaman yang semakin canggih tanpa harus keluar dari koridor keagamaan kita,” ujarnya saat memberikan sambutan, Sabtu, (08/02/2020) lalu.

Tidak hanya disambut dengan antusias, acara ini juga mendapat respon positif dari masyarakat. Pasalnya, kegiatan ini dianggap sangat bermanfaat bagi para santri dalam mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki.

“Kegiatan ini sangat baik, bermanfaat pula bagi pengembangan potensi dan pengetahuan para santri. Ini harus ditingkatkan dan rutin diadakan untuk terus mengembangkan dan mengenalkan potensi dan pengetahuan yang dimiliki para santri,” ujar Tatan Subarkah, salah seorang ustad yang hadir pada acara tersebut, Minggu, (09/02/2020).

Pesantren Persis 109 Ciamis Bakal Rutin Gelar Pameran Pendidikan

Show Eksibisi Pesantren Persis 109 Ciamis.

Rencananya, acara ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun dengan terus menambah inovasi. Tujuannya agar terus memotivasi santri dan menampilkan ide ide yang lebih kreatif dan inovatif.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Amir Hamzah, Kepala Bagian Sarana prasarana PPI 109. Amir menyebutkan kegiatan ini sebagai usaha dan bentuk komitmen Pesantren Persis 109 untuk mendorong santri-santrinya agar tidak hanya berkutat pada bidang studi ilmu agama, melainkan jauh berkembang ke berbagai bidang studi ilmu pengetahuan.

“Insyaallah kami akan rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya, agar inovasi dan kreatifitas santri semakin berkembang. Juga mendorong santri-santri kami agar semakin giat menekuni bidang ilmu yang mereka pelajari. Juga membuktikan kepada semuanya bahwa santri mampu tampil dengan kemampuan yang mereka miliki,” ujarnya ketika kami wawancarai pada Senin, (10/02/2020) kemarin. (GaluhID)

Penulis: Tim Jurnal Galaxy angkatan ke-23 PPI 109 Kujang

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.