Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

Sekda Ciamis Buka Orientasi Mabigus Pramuka Angkatan 1

Berita Ciamis, galuh.id – Sekda Ciamis Tatang membuka kegiatan orientasi Mabigus Pramuka Angkatan 1 di Aula Kwartir Cabang (Kwarcab) Ciamis, Rabu (7/4/2021).

Tatang dalam sambutannya mengingatkan tugas pokok Mabigus untuk memberi bimbingan dan bantuan konsultasi kepada gugus depan.

Hal itu agar Mabigus mampu mendukung dan mengupayakan fasilitas anggaran serta sarana dan prasarana (sarpras) untuk kegiatan kepramukaan.

“Mabigus harus bisa memberi bimbingan dan konsultasi untuk Gugus Depan atau Gudep-nya,” kata Tatang.

Yaitu bimbingan dan konsultasi dalam menyelesaikan masalah-masalah kegiatan kepramukaan, organisatoris, materiil dan finansialnya.

Tatang menjelaskan, Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus Depan) dalam gerakan Pramuka memiliki tiga fungsi pokok.

Pertama, fungsi bimbingan. Mabigus ikut menentukan arah kegiatan kepramukaan di Gudep terhadap ketentuan dalam perundang-undangan dan AD/ART Gerakan Pramuka.

Kedua, fungsi partisipasi. Mabigus harus selalu berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Ketiga, fungsi bantuan. Mabigus mengusahakan kebutuhan fasilitas-fasilitas, moril, finansial, maupun materil.

“Setiap Mabigus harus paham 3 tugas pokoknya. Hal itu sebagai upaya memajukan Gerakan Pramuka di Gudep-nya masing-masing,” ujarnya,

Lanjut Tatang, guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Gerakan Pramuka, setiap gugus depan, satuan karya dan kwartir agar membentuk Majelis Pembimbing.

Untuk anggotanya terdiri dari unsur tokoh pemerintah dan masyarakat yang mampu memberikan bimbingan, bantuan, konsultasi dan menjalin kerja sama antar pihak.

Kedudukan Majelis Pembimbing menurut Tatang cukup strategis dalam memberikan kontribusinya kepada jajaran Gerakan Pramuka.

“Sehingga perlu berdayakan secara optimal untuk kemajuan Gerakan Pramuka,” pungkas Tatang. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan