Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Seorang Kakek di Ciamis Meninggal Saat Bakar Sampah di Kebunnya

Cijeungjing, galuh.id – Mengenaskan, seorang kakek berusia 84 tahun bernama Komon ditemukan meninggal di kebun warga yang terbakar, Minggu (10/11/2019). Korban merupakan warga Dusun Cibeka RT 15 RW 05 Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Menurut informasi warga sekitar, kejadian yang menewaskan korban diduga dari kebakaran kebun. Awalnya, korban diduga membakar sampah di kebun yang tak jauh dari rumahnya berjarak sekitar 50 meter. 

Awalnya api hanya membakar sampah saja. Namun karena tiupan angin yang cukup kencang membuat api menjalar ke daun-daun kering di sekitar kebun. Akibatnya api membesar dan membakar kebun.

Khawatir api merambat ke rumahnya, korban mencoba memadamkan api. Tapi kepulan asap tebal diduga membuat korban kehabisan napas lalu pingsan. Tubuh korban pun terbakar. Luka bakar yang diderita korban sekitar 30 persen. 

Kepulan asap semakin tebal membuat warga sekitar langsung bergotongroyong memadamkan api. Setelah api padam, warga kaget melihat Komon telah tergeletak di sekitar kebun yang terbakar. Diduga korban meninggal dunia akibat kehabisan napas.

Kepala Desa Karangkamulyan, M. Abdul Haris membenarkan kejadian tersebut. Korban ditemukan warga setelah api di kebun yang terbakar itu padam. Bahkan warga tak mengira ada korban dalam kebakaran tersebut.

Setelah mendapat informasi dari warga, pihak desa langsung melaporkan kejadian tersebut ke petugas kepolisian. Tim identifikasi langsung mendatangi lokasi untuk olah tempat kejadian. 

“Saat api berhasil dipadamkan ternyata ada korban, atas nama Komon usianya 84 tahun. Sudah dilaporkan ke kepolisian. Saat ini jasad korban sudah dievakuasi dan dimandikan untuk selanjutkan akan dimakamkan oleh pihak keluarga,” ujar Haris. 

Haris mengatakan, di Desa Karangkamulyan masih banyak lahan kebun warga. Untuk itu ia mengimbau warganya untuk waspada terhadap kebakaran lahan. 

“Jangan membakar sampah, sebaiknya dibuang ke tempat sampah nantinya akan diangkut. Tetap jaga lahan, bila ditemukan ada api langsung segera padamkan meminta bantuan tetangga dan warga lainnya,” kata Haris.

Menurutnya, saat ini masih dalam musim kemarau. Di cuaca seperti ini, percikan api sedikit saja dapat menimbulkan kebakaran apalagi di perkebunan. Karena kondisinya banyak ranting dan daun kering yang mudah terbakar. (GaluhID/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Lagi, Anggota KPPS Ciamis Meninggal Akibat Kelelahan Pasca Pemilu 2019

Panawangan, galuh.id - Lagi, penyelenggara Pemilu di Kabupaten Ciamis meninggal dunia akibat kelelahan pasca pelaksanaan Pemilu, 17 April 2019 lalu. Anggota...

Kadisdik Ciamis: Jangan Paksa Anak Belajar, Biarkan Bersosialisasi Dulu

Ciamis, galuh.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, terus berbenah dalam hal mutu pendididikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar guru bisa membangun...

Perpustakaan Kelamin dan Manusia Pembelajar

Opini, galuh.id - Apa menariknya aktivitas membaca dan berdiskusi? Seseorang yang keranjingan bergelut dengan buku dan berdebat tentang hal-hal...

6 Tahanan Kabur dari Mapolres Ciamis, 2 Tahanan Sudah Terciduk Kembali

Galuh id - Dua tahanan yang kabur dari Mapolres Ciamis pada Minggu (28/08/2018) berhasil diciduk dan digiring kembali ke sel. Kedua tahanan yang tertangkap...

Jalin Silaturahmi, Viking Galuh dan Balad Galuh Tanding Sepak Bola

Sudah bukan rahasia umum jika persaingan dan permusuhan antar suporter menjadi bagian dari dunia sepak bola Indonesia. Acapkali terdengar tawuran antar suporter yang dipicu...