Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021
spot_img

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Salat Idul Adha diperbolehkan dilaksanakan secara berjamaah, baik di lapangan atau masjid.

Namun, warga yang hendak mengikuti salat Idul Adha berjamaah harus mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga jarak.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 18 Tahun 2020, yang mengatur tentang penyelenggaraan salat Idul Adha.

“Kebijakan disesuaikan dengan kondisi daerah yang bersangkutan. Terkait level kewaspadaan penanganan Covid-19,” ujar Kepala Kemenag Ciamis, Agus Abdul Kholik, Jumat (10/7/2020).

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha

Di dalam aturan itu, Salat Idul Adha dibolehkan dengan memperhatikan beberapa persyaratan. Diantaranya menyiapkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Selanjutnya, melakukan pembersihan dengan desinfektan di area tempat pelaksanaan. Mambatasi jumlah pintu atau jalur masuk untuk jamaah. Menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

Kemudian petugas penyelenggara dengan bantuan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten, harus menyediakan alat untuk pengecekan suhu tubuh.

”Jika ditemukan jemaah dengan suhu lebih dari 37,5 derajat Celcius, tidak diperkenankan masuk atau mengikuti salat berjamaah,” jelas Agus.

Dalam pelaksanaan salat Idul Adha, harus menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan tanda khusus. Salat dan khutbah durasi waktunya dipersingkat, tanpa mengurangi syarat dan rukunnya.

Pemkab Ciamis Izinkan Salat Idul Adha Digelar Berjamaah

Pemerintah Kabupaten Ciamis mengizinkan masyarakat untuk menggelar salat Idul Adha 1441 H secara berjamaah. Namun jemaah harus mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak.

“Salat Idul Adha nanti harus dipersiapkan sebaik-baiknya. Diharapkan pelaksanaan berjalan lancar dan tidak menyebabkan klaster baru,” kata Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra.

Pelaksanaan salat Idul Adha di sekitar Ciamis kota dilaksanakan di halaman depan Masjid Agung Ciamis.

Sementara untuk salat Idul Adha berjamaah di tingkat kecamatan dan desa, Yana mengingatakan agar dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ciamis Wawan S Arifin pun mengungkapkan kesiapannya dalam menyelenggarakan salat Idul Adha berjamaah di halaman depan Masjid Agung Ciamis.

Menurut Wawan, jemaah yang mengikuti salat Idul Adha kebanyakan masyarakat yang bermukim di Ciamis. Berbeda dengan salat Idul Fitri, yang jemaahnya kebanyakan pemudik.

“Kalau Idul Fitri banyak pemudik yang mengikuti salat berjamaah. Tapi kalau Idul Adha kebanyakan masyarakat yang mukim di Ciamis,” terangnya.

DMI dan DKM Masjid Agung Ciamis sudah berkoordinasi untuk mengikutsertakan Pramuka untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam salat Idul Adha.

Wawan menambahkan, bantuan dari Tim Gugus Tugas Kabupaten Ciamis sangat diperlukan dalam mensukseskan pelaksanaan salat Idul Adha nantinya. (GaluhID/Evi)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan