Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Terkait Suspect Corona di Ciamis, Ini Kata Direktur RSUD

Berita Ciamis, galuh.id – Direktur RSUD Ciamis, dr Rijali Sopyan, memberikan klarifikasi terkait kabar adanya pasien suspect Corona di Ciamis.

Sebelumnya kabar Corona sudah masuk ke Ciamis santer dibahas di pesan aplikasi WhatsApp. Beberapa postingan di Facebook ada yang menanyakan kebenaran berita tersebut.

Dalam penjelasannya, dr Rijali, menyebutkan, RSUD Ciamis menerima pasien pada Jum’at, 13 Maret 2020 pukul 07.25 WIB. Pasien tersebut membawa catatan manifest dari Bandara, pasien baru pulang dari Malaysia pada 4 Maret 2020 lalu.

“Pasien diarahkan menuju ruangan khusus beresiko dengan diantar perawat screening rawat jalan. Sekitar pukul 07.50 WIB, petugas ruangan khusus beresiko langsung menerima pasien dan ditempatkan di tempat tidur ruangan khusus,” kata dr Rijali, Sabtu (14/3/2020).

Dari hasil pengkajian atau assesment diketahui pasien perempuan berusia 24 tahun dari salah satu daerah di Kabupaten ciamis mengeluh sudah 2 hari mengalami nafas terasa berat.

“Setelah diperiksa oleh dokter jaga dari IGD dilakukan pemeriksaan penunjang medik yaitu rontgen dan laboratorium dilakukan pada jam 09.30 WIB, hasilnya kemudian dikonsulkan kepada dokter spesialis paru. Saat visite dokter spesialis paru, hasilnya keadaan umum pasien baik, dan sesak nafas tidak ada,” terangnya.

Sementara suhu pasien juga normal, yakni berada di kisaran 36,6 derajat celcius. Hasil penunjang medis juga tidak ada yang mengarah pada tanda dan gejala pasien Covid-19.

“Pasien dinyatakan sebagai ODP (Pasien dalam pemantauan), pasien boleh pulang tapi dengan pemantauan dari petugas kesehatan (Puskesmas) di tempat tinggalnya,” terangnya.

Pasien juga diimbau agar tidak beraktivitas di luar ruangan, dan tidak pergi ke tempat keramaian. Selain itu pasien juga diminta untuk membiasakan cuci tangan dan melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“Ini dilakukan sampai batas pemantauan 28 hari dari kedatangan, sampai tanggal 1 April 2020,” katanya. (GaluhID/Ndu)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.