Jumat, 23 April 2021
Jumat, 23 April 2021
BJB

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemdes, DPMD Ciamis Gelar Bimtek

Berita Ciamis, galuh.id – DPMD Ciamis menggelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes dan Bimtek Perencanaan Pembangunan Desa tahun anggaran 2021.

Kegiatan bertempat di Aula Desa/Kecamatan Banjarsari Ciamis, Senin (22/3/2021). Sebanyak 30 Kades terpilih di eks Kwadanan Banjarsari mengikuti kegiatan tersebut.

Kabid Pemdes DPMD Ciamis, Andi Sopiandi mengatakan kegiatan ini pihaknya berikan khusus kepada Kepala Desa terpilih di eks Kwadanan Banjarsari.

Seluruh Kepala Desa terpilih di eks Kwadanan Banjarsari yang meliputi Banjarsari, Banjaranyar, Purwadadi dan Lakbok mengikuti kegiatan ini.

“Termasuk Kepala Desa PAW Bantardawa yang baru pelantikan Jumat kemarin oleh Bupati Ciamis,” kata Andi.

Sedangkan untuk Kades Sindangasih Banjarsari mewakilkan ke Sekdes setempat yang saat ini sebagai Plt. Lantaran Kepala Desa terpilihnya berada di Lapas Sukamiskin.

Andi menjelaskan tujuan menggelar kegiatan ini agar Kepala Desa terpilih dalam melaksanakan tugasnya memahami tupoksinya.

“Lalu dalam pelaksanaan kegiatannya sesuai dengan koridor dan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Andi menuturkan bimbingan yang pihaknya berikan berupa bimtek mengenai peraturan perundang-undangan. Baik itu Undang-undang, PP (Peraturan Pemerintah).

Kemudian Perda sampai dengan Perbub hal teknis penyelenggaraan pemerintahan Desa.

Untuk narasumbernya ada 3 orang. Pertama dari Asda 1, Ika Darmaiswara. Materi yang ia sampaikan mengenai penyelenggaraan pemerintah Desa.

Mulai dari perencanaan pembangunan di Desa RPJMdes dan tata kelola pemerintahan.

Narasumber kedua dari Sekretaris DPMD, Dian Budiana. Materi yang ia sampaikan mengenai SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) di Pemerintahan Desa.

“Lalu tentang kewenangan dan kewajiban Kepala Desa,” jelas Andi.

Narasumber terakhir yaitu dari APH (Aparat Penegak Hukum) Iptu Misman Asep Kanit Tipikor Polres Ciamis.

Kanit Tipikor Polres Ciamis imbuh Andi, menyampaikan mengenai aspek ketaatan hukum dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. (GaluhID/Uus)

Editor : Evi

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya