Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Tingkatkan Kualitas Produsen Data, Diskominfo dan BPS Ciamis Gelar Bimtek

Berita Ciamis, galuh.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas produsen data, Diskominfo dan BPS Ciamis gelar bimtek, Kamis (25/03/2021).

Operator data dari tiap SKPD mengkutinya. Kegiatan bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Ciamis secara virtual dan tatap muka dengan menerapkan prokes ketat.

Kadis Kominfo Ciamis, Dondon Rudiana mengatakan bimtek ini merupakan upaya melaksanakan pengembangan kordinasi produsen data dengan wali data.

”Untuk menghasilkan data yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kemajuan teknologi,” ujarnya.

Produsen data dari tiap OPD akan menyiapkan data dan menguploadnya ke Diskominfo sebagai wali data. Sesuai program pemerintah yaitu Program 1 (Satu) Data.

Diskominfo berperan sebagai wali data dan yang memberikan fasilitas portal data. Nantinya setiap SKPD yang membutuhkan data dapat mengaksesnya.

Sehingga penting adanya kekuatan sinergitas dari tiap OPD sebagai produsen data dalam pemahaman teknis maupun pengumpulan data tersebut.

“Ini penting. Karena salah satu panduan membaca indikator daerah salah satu sumber datanya adalah ada pada setiap instasi,” tegas Dondon.

Data tersebut menurutnya adalah data yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan instansi yang berada di Kabupaten Ciamis.

Data Mempermudah Evaluasi Pembangunan

Kepala BPS Ciamis, Nevi Hendri, menjelaskan data sangat penting dalam sebuah proses perencanan, monitoring pelaksanaan kerja dan proses evaluasi sebuah program.

Data itu akan ada ketika siap. Kemudian pasti keberadaannya dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan sampai lagi mengingat atau mencari data hanya pada saat butuhnya saja,” tegas Nevi.

Dalam Perpres menyebutkan bahwa BPS adalah instansi vertikal. Namun memiiki amanat untuk memberi rekomendasi pengumpulan data dan pembinaan di tiap daerah.

Sedangkan posisi Diskominfo adalah sebagai wali data yang memfasilitasi pembinaan teknis dan tata kelola pengelolaan data statistik. Mulai dari perencanaan sampai penyajian.

“Baik bentuk support maupun bimtek. Sehingga dengan sinergitas ini akan menghasilkan data yang berkualitas,” ujar Nevi.

Nevi berharap dengan adanya sinergitas ini semua produsen data dapat menghasilkan data yang berkualitas. Bisa diakses dan bagi pakaikan oleh instansi lain yang membutuhkan.

Hal itu menurutnya akan mempermudah pucuk pimpinan yakni Bupati Ciamis dalam pengontrolan dan evaluasi pembangunan dengan melihat data. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya