Rabu, 2 Desember 2020
Rabu, 2 Desember 2020
 
 

Tracing Covid-19 Ciamis Capai Standar WHO

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Tracing Covid-19 Kabupaten Ciamis telah mencapai standar WHO. Bahkan jumlahnya di atas rata-rata yang ditetapkan oleh WHO. Atas pencapaian itu, Bupati Ciamis memberikan apresiasi.

Apresiasi tersebut ia sampaikan saat membuka webinar yang diselenggarakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Ciamis, Banjar dan Pangandaran, di Aula Setda Ciamis, Sabtu (14/11/2020).

“Kita harus bangga. Dan memberikan apresiasi pada tim medis Ciamis. Yang telah melaksanakan tracing Covid-19 dengan pencapaian melebihi standar penetapan WHO,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Saat ini, lanjutnya, kondisi sebaran Covid-19 di Ciamis naik terus. Sehingga dalam menghadapi pandemi ini perlu kewaspadaan dengan mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 per hari Sabtu (14/11/2020) pukul 12.00 WIB tercatat 272 kasus terkonfirmasi positif Corona di Kabupaten Ciamis.

Dari jumlah 272 kasus tersebut, 171 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Isolasi mandiri 77 orang, masih dalam perawatan medis 14 orang, dan meninggal dunia 14 orang.

Tracing Covid-19 di Ciamis Capai Standar WHO, Patuhi Prokes

Herdiat melanjutkan, tim satgas Covid-19 Ciamis telah melakukan tracing sebanyak 15.335 kali. Atau mencapai standar 1% pelaksanaan tracing dari 1,4 juta lebih masyarakat Ciamis.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 menurut Herdiat sangat mudah, yakni dengan mempedomani dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kita harus mematuhi dan pedomi prokes. Dalam upaya memutus rantai sebaran Corona,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Ciamis pun mengapresiasi inisiasi PDGI Ciamis, Banjar dan pangandaran, yang telah menyelenggarakan webinar dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi 2020.

Di era digitalisasi saat ini, kata Herdiat, pengetahuan dan SDM PGDI harus terus di-upgrade. Agar bisa lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Pihaknya pun akan mendukung apabila para pengurus PDGI ingin terus meningkatkan pengetahuan, baik melalui pendidikan formal, pelatihan ataupun bimtek lainnya.

Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi dan Mulut

Ketua PDGI Ciamis, Banjar dan Pangandaran dr. Asep Kamal Fasya menjelaskan tujuan pelaksanaan webinar ini untuk meningkatkan kesadaran terkait kesehatan gigi dan mulut.

Pihaknya mengajak seluruh warga Ciamis untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena seseorang bisa disebut tidak sehat apabila mengabaikan kesehatan mulut.

Asep melanjutkan, saat ini pengurus PDGI hanya berjumlah 55 orang. Minimnya kepengurusan membuat sejumlah program belum terlalu maksimal dalam pelaksanaannya.

”Maka dari itu kami mengharapkan dukungan Bupati Ciamis. Untuk meningkatkan SDM. Khususnya di bidang dokter mulut,” ujar dia.

Ketua Pelaksana dr Didi Fahmi Firmansyah menerangkan, webinar terselenggara atas kerja sama ODG dengan Unilever, Pemkab Ciamis, RS Al-Arif, RS Dadi Keluarga, BSM Ciamis dan Ponpes Darussalam.

Sebanyak 500 peserta mengikuti kegiatan webinar. Meski dalam keterbatasan tatap muka, lanjutnya, tidak akan menghalangi kemerdekaan untuk senyum.

“Kita mengajak seluruh masyarakat menjaga kesehatan mulut. Dengan cara gosok gigi saat pagi dan sore. Kemudian rutin mengecek gigi selama 6 bulan sekali,” ujar Didi Fahmi. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Diguyur Hujan Deras, Jalan Penghubung Kecamatan di Ciamis Amblas

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan jalan penghubung antar kecamatan amblas dan nyaris putus.

KLHK Dorong Pemda Bangun Pengelolaan Limbah Medis, Ini Respon DPRKPLH Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mendorong pemda membangun tempat pengelolaan limbah medis atau Bahan Berbahaya dan...

DPMPTSP Ciamis Sosialisasikan Perizinan Melalui Sistem OSS

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis menggalakkan sosialisasi pelayanan perizinan melalui sistem OSS.

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Token Listrik Gratis Bulan Desember via www.pln.co.id atau Lewat Nomor WhatsApp PLN

Token listrik gratis bulan Desember dari PLN kembali terlaksana untuk bulan Desember. Masyarakat bisa segera klaim lewat situs PLN atau layanan WhatsApp...

Spesifikasi HP Oppo A11k Mumpuni, Harga Murah

Spesifikasi HP Oppo A11k cukup mumpuni. Harganya pun terbilang murah, yakni hanya Rp 1 jutaan. Meskipun harganya murah dan...

Kelebihan HP Oppo A11k, Harganya 1 Jutaan Saja!

Kelebihan HP Oppo A11k patut Anda pertimbangkan. Saat Anda berencana mengganti smartphone dengan spek mumpuni, namun budget terbatas, Oppo A11K bisa jadi...

Diguyur Hujan Deras, Jalan Penghubung Kecamatan di Ciamis Amblas

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan jalan penghubung antar kecamatan amblas dan nyaris putus.

HP Samsung Galaxy A10s: Simak Spesifikasi, Harga, dan Kelebihannya

HP Samsung Galaxy A10s merupakan salah satu ponsel di jajaran galaxy A series dengan harga yang ekonomis. Bahkan juga dari situs resminya,...