oleh

Turnamen Petanque, Cabang Olahraga Asal Prancis Disosialisasikan di Ciamis

Hubungi
 
 

Turnamen Petanque, Cabang Olahraga Asal Prancis Disosialisasikan di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Salah satu cabang olahraga (cabor) asal negara Prancis, yakni Petanque yang baru mulai populer di Indonesia, kini mulai diperkenalkan di Kabupaten Ciamis.

Bahkan, di Ciamis sendiri sudah terbentuk kepengurusan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI). Federasi tersebut sudah di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ciamis.

Loading...

Namun cabang olahraga ini belum banyak dikenal, sehingga butuh sosialisasi dan gelaran turnamen yang harus lebih sering diadakan.

Untuk mengenalkan lebih dekat Pantanque, Klub Petanque Naga Wiru Ciamis yang didukung oleh FOPI Kabupaten Ciamis menyelenggarakan double open Naga Wiru Cup ke-1 pada Minggu, (23/2/2020), bertempat di halaman kantor KONI Ciamis.

Dikutip dari akun Instagram Humas Ciamis, Turnamen yang pertama kali digelar di Tatar Galuh Ciamis tersebut dihadiri oleh Bupati H. Herdiat Sunarya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Herdiat mencoba olahraga yang baru diperkenalkan secara langsung oleh Federasi Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Ciamis sekitar 5 bulan yang lalu.

Kali ini olahraga Petanque kembali diperkenalkan melalui ajang Turnamen yang digelar Klub Petanque Nagawiru Kabupaten Ciamis.

Cara bermain Petanque

Untuk diketahui, Petanque adalah olahraga yang dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu, yang disebut cochonet dan kaki harus tetap berada di dalam lingkaran kecil.

Dalam lingkaran tersebut, ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antara enam sampai sepuluh meter.

Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah battle tim.

Permainan ini pun bisa dimainkan di tanah keras atau minyak, rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lainnya.

Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Di negara yang beribukota Paris itu, olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Hampir sebagian masyarakat Perancis memainkan olahraga tersebut.

Pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang, Petanque untuk pertama kalinya dipertandingkan di Indonesia. Di Indonesia terutama Ciamis, olahraga ini tergolong baru dan sedang mulai dikembangkan. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA