Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

USBN SD di Kabupaten Ciamis Diikuti Ribuan Siswa

Ciamis, galuh.id – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ajaran 2018-2019 di Kabupaten Ciamis diikuti 16.060 siswa sekolah Dasar (SD) dari 754 Sekolah Dasar se-Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan USBN ini dimulai dari tanggal 22 April sampai dengan 24 April 2019.

“Mata pelajaran yang diujiankan ada 3 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk pelaksanaannya selama 3 hari yang seharinya satu mata pelajaran,” ujar H. Jajang, Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (23/04/2019).

Menurut Jajang ujian sekolah yang diselenggarakan di tingkat Sekolah Dasar saat ini sudah berstandar Nasional. “Tetapi tetap alat tulisnya menggunakan kertas dan pensil, bukan seperti UNBK tingkat SMP dan SMA yang menggunakan komputer,” tuturnya.

Mengenai soal mata pelajaran, kata Jajang, 75 persen soal berasal dari Provinsi, sementara 25 persen soal berasal dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Ciamis.

Jajang menambahkan, untuk soal USBN dipastikan tidak akan ada bocoran. Karena semua soal sudah disegel dan dijaga ketat oleh panitia di setiap Kecamatan.

“USBN ini merupakan bentuk ketercapaian siswa, namun hasil USBN ini bukan penentu kelulusan siswa, karena kelulusan siswa tergantung ketentuan penilaian di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Jajang berharap pelaksanaan USBN tahun ini berjalan lancar, tanpa kendala apapun. Selain itu, Jajang juga berharap agar semua siswa yang mengikuti USBN di Kabupaten Ciamis lulus 100 persen.

“Kami berpesan kepada semua kepala sekolah harus objektif menilai siswa/siswinya. Karena apabila melakukan kecurangan atau tidak subjektif, nantinya akan merugikan siswanya sendiri, jadi nilai yang diberikan terhadap siswa harus sesuai kemampuan siswa agar nantinya apabila akan melajutkan ke jenjang yang lebih tinggi tidak menemui kendala,” pungkasnya. (galuh.id/Yuliana)

Editor : K. P Latief

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...