Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Masih membekas di ingatan masyarakat Indonesia bagaimana negara jiran, Malaysia meng-klaim Reog Ponorogo sebagai bagian dari kebudayaan mereka pada tahun 2007. Pangkalnya adalah Reog yang di Malaysia disebut Barongan itu bisa ditemukan di Johor dan Selangor, Malaysia karena dibawa rakyat Jawa yang merantau ke negeri tersebut.

Selain menimbulkan pergunjingan hebat di internet, hubungan Indonesia-Malaysia sempat memanas. Media Indonesia berlomba-lomba memberikan penjelasan sekitar Reog Ponorogo yang merupakan asli kebudayaan Indonesia. Hikmahnya kini Reog Ponorogo diperhatikan dan dikenal luas di seluruh wilayah Indonesia.

Reog Ponorogo sendiri merupakan salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog Ponorogo yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Kini icon Ponorogo juga icon harga diri bangsa ini akan hadir di acara Nyiar Lumar. Bagi masyarakat Jawa Barat khususnya Warga Tatar Galuh Ciamis bisa datang langsung ke Objek Wisata Budaya Astana Gede Kawali – Ciamis pada tanggal 27-28 Juli 2018.

(Tim Galuh ID)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 
"menulis untuk kebahagiaan dan mengedit untuk kepuasan"

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini