Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bahan baku dari batok kelapa bisa dijadikan berbagai macam kerajinan diantaranya asbak, cangkir minum, pipa roko maupun bahan peralatan rumah tangga lainnya.

Salah satu pengrajin yang memanfaatkan batok kelapa untuk bahan kerajinan adalah Yana Suryana (30), warga Dusun Kadugede RT 30 RW 14 Desa Karang Anyar. Dari tangan ajaibnya batok kelapa disulap menjadi berbagai peralatan rumah tangga seperti cangkir, mangkok, pipa rokok maupun peralatan dapur lainnya.

Yana, saat dijumpai di kediamannya pada Kamis siang (16/08/2018) menjelaskan dirinya sudah membuka usahanya selama 4 tahun, tetapi dirinya hanya bisa memasarkan di daerah Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya. Hal ini karena biaya yang dibutuhkan cukup besar untuk menyimpan stock barang yang akan dipasarkan

BACA JUGA!

Dalam pembuatan kerajinan berbahan batok kelapa ini, Yana dibantu oleh 2 orang saudaranya. Setiap harinya mereka bisa membuat 10 hingga 50 item kerajinan sesuai dengan pesanan. Bahan baku yang digunakan juga asli dari kelapa bukan dari kayu.

“Besar harapan saya sebagai pengrajin agar emerintah kabupaten bisa lebih memperhatikan pengrajin-pengrajin kecil seperti saya karena dengan adanya usaha kecil seperti ini bisa meningkatkan nilai ekonomi untuk masyarakat kecil. Dan juga untuk dinas-dinas terkait bisa melihat kami yang mempunyai potensi untuk meningkatkan daya jual kabupaten Ciamis karena kerajinan yang seperti ini kota lain juga memesannya dari Ciamis.” Pungkasnya.

(Fahmi) Ciamis-Galuh ID

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini