Ciamis, Galuh ID – Gua yang ditemukan di pemukiman warga di blok Malabar, desa Sidamulih, kecamatan Pamarican, kabupaten Ciamis dipercaya warga tembus sampai Mekah

Galuh ID berkesempatan menyambangi langsung keberadaan Gua yang memiliki 3 lubang dan belum banyak terjemah oleh tangan manusia ini, Kamis (11/10/2018).

Gua yang dinamai Gua Barakallah oleh pemilik tanah ini memiliki ukiran-ukiran di dinding-dinding gua. Ukiran tersebut berbentuk gambar burung dan tumpukan gabah, selain itu atap guanya pun mirip dengan Kubah Masjid .

BACA JUGA!

Ki Sunada (86), pemilik tanah mengatakan bahwa Gua Barakallah sudah ada sejak dia lahir. Tetapi jarang orang yang tahu dan hanya sebagian warga Desa Sidamulih saja yang mengetahui keberadaan gua tersebut.

Aki Sunada (86) menceritakan dirinya pernah mencoba salah satu lubang yang ada di gua Barakallah, dengan menggunakan obor, Ki Sunada menelusuri gua Barkah, tetapi hingga obor ke- 9 Ki Sunada belum bisa mencapai ujung gua. Ki Sunada pun akhirnya memutuskan untuk kembali ke pintu gua.

Ki Sunada percaya jika lubang tersebut sangat panjang dan menurut cerita orang tuanya Lubang Gua tersebut bisa tembus ke Mekah.

Sementara itu Lubang ke-2 merupakan lubang yang terhubung dengan lubang lubang-lubang gua lainnya, diantaranya terhubung dengan gua yang ada di Cipatujah, Tasikmalaya. Sedangkan lubang ke-3 bisa menembus Pesantren Al-Hidayah, pesantren yang ada di Desa Sidamulih.

Pada akhir perbincangan Ki Sunada mengijinkan gua Barakallah untuk dijadikan objek wisata yang akan dikelola oleh pasantren Al-Hidayah, syaratnya gua tersebut bisa dijaga keasriannya.

(Fahmi)

 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini