Ciamis, Galuh.ID – Menteri Agama Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin membuat gebrakan baru dengan rencana diterbitkannya Kartu Nikah. Kartu Nikah ini berbeda dengan buku nikah seperti yang sudah ada selama ini. Perbedaan tersebut terletak pada bentuk dan ukurannya. Kartu nikah bentuknya kecil seperti e-KTP atau SIM sehingga lebih mudah untuk dibawa atau disimpan di dompet.

Galuh ID mencoba mengonfirmasi Kementerian Agama kabupaten Ciamis terkait Kartu Nikah tersebut. Kami berhasil bertemu dengan kepala Kemenag Kabupaten Ciamis, Drs. H Agus Abdul Kholik, MM pada Jum’at (16/11/2018).

Drs. H Agus Abdul Kholik, MM mengaku telah mengetahui terkait rencana terbitnya kartu nikah dari media, namun menurutnya belum ada pemberitahuan secara resmi dari Kemenag Pusat.

BACA JUGA!

“Saya sebagai kepala kementerian tingkat kabupaten sedang menunggu arahan atau perintah dari Kementerian Agama pusat,” ujarnya.

Ketika ditanya isi data apa saja yang tercantum di kartu nikah, Agus menjelaskan bahwa isinya sama dengan data yang tercantum di buku nikah.

“Sama seperti buku nikah, kartu nikah nantinya tercantum identitas dan barcode,” jelasnya.

Mengenai apakah kartu nikah nantinya akan jadi pengganti buku nikah, Agus mengakui belum mengetahui lebih jelas mengenai kartu nikah tersebut.

“Belum ada arahan terkait apakah kartu nikah ini akan jadi pengganti buku nikah? Namun prediksi saya kartu nikah ini akan jadi pengganti buku nikah karena apabila buku nikah dan kartu nikah dibuat dua-duanya akan double biaya,” kata Agus.

Biaya lebih ini terutama karena melihat dari data di kabupaten Ciamis yang bisa mencapai 18 ribu perkawinan dalam setahun.

Agus juga menyampaikan apabila kartu nikah terbit pasti akan ada pelatihan terlebih daluhu sampai tingkat kecamatan agar dalam proses pembuatan kartu nikah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebetulnya untuk mesin yang biasa digunakan untuk membuat SIMKAH namun apakah mesin tersebut bisa digunakan atau tidak saya belum tahu karena blangko untuk kartu nikah juga belum ada,” terangnya.

(Arul)

 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini