Cerita Lansia Pembuat Tusuk Sate di Ciamis

Baregbeg, galuh.id – Tusuk sate tradisional yang terletak di Dusun Desa, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, ternyata diproduksi oleh para Lansia.

Para lansia tersebut membuat tusuk sate ketika menjelang sore untuk mengisi waktu senggangnya, sebagai penghasil sampingan.

Seorang pengrajin mengatakan, sudah sejak belasan tahun memproduksi tusuk sate tradisional, terutama menjelang lebaran kurban.

“Jualnya mudah, kalau hari biasa yang membeli seminggu sekali. Tapi kalau sekarang mau kurban hampir setiap hari ada yang datang. Jadi lebih bersemangat karena banyak yang datang membeli,” kata Odah (55) saat ditemui di rumahnya.

Odah menjelaskan, hampir setiap rumah di kampungnya memproduksi tusuk sate dilakukan oleh para Lansia.

“Dari pada jenuh diam di rumah, ya membuat tusuk sate karena mudah dan lumayan menghasilkan. Jadi kalau ada waktu luang, ketika tidak ke sawah ya terus produksi,” jelasnya.

Sarkosih (80) Pengrajin tusuk sate lainnya menambahkan, pekerjaan tersebut ia tekuni sejak beberapa tahun lalu saat tubuhnya sudah tak kuat lagi melakukan pekerjaan berat.

“Setelah saya tidak kuat lagi bekerja yang berat-berat, saya mulai menekuni produksi tusuk sate ini,” tambahnya.

Keunggulan tusuk sate tradisional tersebut yaitu daging yang ditusuk tidak akan mudah merosot. Dibanding menggunakan tusuk sate mesin yang mengkilap, daging mudah merosot.

Proses pembuatannya pun masih secara manual atau sederhana, dari mulai memotong bambu dengan gergaji, kemudian meraut kecil-kecil menggunakan pisau, lalu dijemur selama 2 hari sampai mengering.

Setelah itu dibersihkan menggunakan ban dalam bekas, kemudian diikat sesuai hitungan dan siap dijual. (Galuh.id/Dede)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

PSBB Jawa Barat Berakhir Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis Adakan Syukuran

Berita Ciamis, galuh.id - Rumah Makan Waroeng Kezo Ciamis menggelar syukuran setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat berakhir.

Rumah Makan Ternama di Ciamis Lakukan Antar Saji Saat PSBB

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk melayani pelanggannya, rumah makan ternama di Ciamis lakukan antar saji pada pelanggannya saat Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Brownis Panggang Ekonomis dengan Dua Telur, Mudah Dibikin

Tips, galuh.id - Saat menunggu buka puasa bisa manfaatkan membuat brownis panggang yang ekonomis dengan dua telur dan bahan yang lainnya.

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Di Tasikmalaya, Komplotan Emak-emak Curi Toko Mas Terekam CCTV

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Aksi pencurian komplotan emak-emak di Toko Mas jalan Cicariang, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, terekam CCTV dan sempat viral di media...

Kecelakaan Maut di Ciamis, Motor Terlindas Bus Patas

Ciamis, galuh.id - Kecelakaan maut di Ciamis terjadi di depan taman Lokasana sekitar pukul 15.29 WIB. Pada kejadian tersebut seorang pemuda yang...

Minim Kreativitas, Persib Bandung Ditahan Imbang Barito Putera

Info Liga 1, galuh.id - Persib Bandung gagal mengamankan tiga poin kala menjamu Barito Putera pada matchday ke-28 Liga 1 2019,...

Minimalisir Pencaloan, Disdukcapil Ciamis ‘Jebol ‘ Desa Cikaso Banjaranyar

Banjaranyar, galuh.id - Efisien dan gratis, adalah salah satu keuntungan yang diperoleh dari program layanan Jemput Bola (Jebol) yang diluncurkan oleh Dinas...

Persib Bandung Hajar Arema FC di Kanjuruhan, Faktor Keberuntungan?

Info Liga 1, galuh.id - Persib Bandung hajar Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang. Pertandingan tersebut merupakan laga pekan kedua Liga 1 2020.