Minggu, 25 Juli 2021
Minggu, 25 Juli 2021
BJB

Damkar Banjarsari Ciamis Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – WMK Damkar Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil musnahkan sarang tawon vespa yang berada di atap rumah warga.

Damkar musnahkan sarang tawon di atap rumah Haji Apandi, warga Dusun Cibeureum RT 34 RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari Ciamis, Minggu (4/7/2021).

Pemusnahan sarang tawon vespa yang damkar Banjarsari lakukan ini berlangsung pada malam hari selama 15 menit.

Saat pemusnahan, petugas pemadam kebakaran atau damkar menggunakan alat pelindung diri.

Pantauan galuh.id di lokasi, untuk menjangkau sarang tawon vespa, petugas menggunakan jangka.

Setelah itu, lalu menyemprotkan cairan beracun atau cairan kimia ke dalam sarangnya. Tujuannya yaitu agar kawanan tawon mati.

Kemudian, sarang tawon itu oleh petugas evakuasi dengan cara diturunkan dengan terlebih dahulu memasukannya ke dalam karung.

Icep Saepul Azhar, petugas damkar WMK Banjarsari menerangkan, pemusnahan sarang tawon ini sangaja pihaknya lakukan pada malam hari.

Sebenarnya, kata Icep, pihaknya dapat laporan dari warga ada sarang tawon jenis vespa pada siang hari. Tetapi, pengerjaan pemusnahannya pada malamnya.

“Tujuannya agar tidak melawan. Selain itu, kalau malam tawonnya tidak begitu agresif. Kalau siang hari, tawon vespa ini akan agresif,” ujar Icep kepada galuh.id.

Lanjut Icep menjelaskan, tawon jenis vespa jika menyengat tubuh manusia bisa berbahaya. Bahkan jika telat penanganan dapat mematikan.

“Kawanan tawon ini perkiraan sudah mencapai ribuan. Terlihat dari sarangnya yang berdiameter 80 cm,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Aep, mengaku keberadaan tawon tersebut sudah sangat meresahkan warganya.

Karena tidak ada satu pun yang mampu memusnahkan sarang tawon yang meresahkan warga ini, maka ia melaporkan ke pihak Damkar Banjarsari.

Mewakili masyarakat, Aep pun menyampaikan terima kasih kepada pihak damkar yang telah berhasil memusnahkan keberadaan tawon berjenis vespa ini.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Damkar Banjarsari yang berhasil memusnahkan sarang tawon yang sudah resahkan warga,” pungkasnya. (GaluhID/Uus)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
263PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan