Dewan Kebudayaan Ciamis: Budaya Bisa Tingkatkan PAD

Ciamis, galuh.id – Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis sekaligus Rektor Unigal Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs.,M.Si berharap kebudayaan Ciamis bisa dikembangkan untuk membantu meningkatkan Pedapatan Asli Daerah (PAD).

“Di Kabupaten Ciamis sangat banyak Situs dan berbagai budaya, tinggal pengelolaannya dan perlu pengembangan yang bisa meningkatkan PAD Ciamis, sehingga mantapnya kemandirian daerah Ciamis bisa terwujud,” ujar Yat Rospia kepada Galuh ID saat menghadiri Halalbilhalal di Pendopo Bupati Ciamis, Selasa (18/6/1019).

Yat mengatakan, di Kabupaten Ciamis potensi budaya sangat banyak dan perlu perhatian dari pemerintah, karena budaya memiliki peluang besar untuk meningkatkan PAD untuk Ciamis.

“Budaya memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menghasilkan pedapatan daerah, di Ciamis banyak situs-situs yang memiliki nilai budaya dan bisa mendatangkan para wisatawan budaya yang datang ke Ciamis,” tandasnya.

Ke depan, kata Yat, faktor pendukung untuk Situs-situs budaya harus dibangun agar para wisatawan nyaman sehingga akan terus berkunjung. Hal ini otomatis akan meningkatkan perokonomian masyarakat yang dekat dengan tempat wisata budaya.

“Apabila budaya diperhatikan akan menjadi aset wisata seperti wisata budaya, ekowisata dan wisata alam yang saat ini masih kurang perhatian,” ucapnya.

Apalagi, kata Yat, apabila ada jalan tol yang melintas ke Kabupaten Ciamis, maka Ciamis tidak memiliki daya tarik. Sehingga kemungkinan yang menggunakan jalan tol hanya melintas.

“Peluang yang sangat besar untuk mengembangkan wisata di bidang budaya untuk daya tarik para calon wisatawan dan pengguna jalan tol untuk berkunjung ke Ciamis,” paparnya.

Yat berharap di bawah kepemimpinan Bupati Herdiat, Kabupaten Ciamis semakin maju dalam segala bidang. Khususnya di bidang kebudayaan yang memiliki potensi sangat besar, karena Ciamis kental dengan Kerajaan Galuh dimana banyak peninggalan sejarah Kerajaan Galuh di Ciamis.

“Mudahan-mudahan Ciamis makin maju dipimpin oleh Bupati Herdiat dan wakilnya pak Yana, kami dari Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis sangat mendukung untuk kemajuan Ciamis,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini