Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:18
Minggu, 24 Oktober 2021
More
    BJB

    Dinas Pertanian Ciamis Ajak Warga Berkebun di Pekarangan Rumah

    Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Ciamis mengajak masyarakat untuk berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Tomy Fauzi selaku Kepala Bidang (Kabid) Holtikultura dan Perkebunan pada DPKP Ciamis, Selasa (6/7/2021).

    Menurutnya, dengan adanya pembatasan di tengah pandemi Covid-19, berkebun menjadi salah satu aktivitas yang belakangan ini banyak masyarakat lakukan.

    Dari mulai menanam tanaman hias ataupun bermacam sayuran dengan cara ditanam di pekarangan rumah.

    “Tren berkebun di pekarangan rumah yang terjadi baru-baru ini pun membawa dampak positif bagi masyarakat,” kata Tomy.

    Setidaknya, mengonsumsi sayuran dari kebun sendiri relatif lebih aman. Sekaligus menjadi solusi dalam pemenuhan pangan skala rumah tangga.

    Tomy juga menjelaskan, berkebun dengan memanfaatkan halaman sangat mudah dan murah untuk masyarakat lakukan.

    Masyarakat pun bisa mempelajarinya melalui media sosial (medos) seperti Google atau Youtube.

    “Berkebun dengan memanfaatkan halaman sendiri itu sangat murah dan juga mudah. Warga bisa mempelajarinya melalui Google maupun Youtube,” ujar Tomy.

    Selain itu, warga pun bisa mengajak anak ketika berkebun di pekarangan rumah. Sehingga dapat mengurangi penggunaan gadget atau gawai pada anak.

    “Kita bisa ajak anak saat berkebun. Daripada anak terus bermain gadget, lebih baik mengajarkan anak untuk berkebun,” papar Tomy.

    Tomy berharap, masyarakat bisa lebih mengoptimalkan lagi pertanian pada level rumah tangga, sebagai kebutuhan maupun menambah penghasilan.

    “Optimalkan pertanian pada level rumah tangga. Banyak manfaat yang bisa masyarakat peroleh dengan berkebun di pekarangan rumah,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

    Editor : Evi

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    292PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan