Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Hati-hati! 2 Tahun Kurungan Penjara untuk Pelaku Kampanye di Tempat Ibadah

Ciamis, galuh.id – Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso bersama Forkopimda, Bawaslu, KPU, FKUB dan Ketua DKM Masjid Agung Ciamis mendeklarasikan pernyataan sikap menolak kampanye di tempat ibadah. Bukan hanya kampanye, tetapi juga penolakan terhadap penyebaran isu hoaks, SARA dan radikalisme di tempat ibadah. Deklarasi ini dilakukan di halaman Pendopo Ciamis pada Selasa (15/01/2019) yang bertujuan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan sejuk,aman, damai dan kondusif.

AKBP Bismo mengatakan bahwa pihaknya telah mencetak 300 spanduk yang akan disebar bukan hanya di masjid tetapi juga di gereja, kelenteng dan tempat ibadah lainnya. Bahkan akan dipasang pula di sarana-sarana pendidikan seperti sekolah dan fasilitas pemerintahan yang juga dilarang dijadikan sebagai tempat kampanye. Pemasangan spanduk akan dilakukan di seluruh kabupaten Ciamis, mulai dari tingkat desa dan kecamatan.

Bagi caleg ataupun tim sukses yang ngotot berkampanye di tempat ibadah, AKBP Bismo mengingatkan bahwa hukumannya tidak main-main, karena termasuk pelanggaran terhadap Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 Ayat 1, “mengingatkan masyarakat dan pelaksana kampanye agar tidak berkampanye di tempat ibadah karena bisa dihukum sesuai Undang-undang Pemilu, sanksinya 2 tahun kurungan penjara,” jelasnya.

Walau begitu, AKBP Bismo mengatakan jika belum ada indikasi kampanye yang dilakukan di tempat ibadah di Ciamis, tetapi pihaknya mengingatkan jika di tempat ibadah dilarang berkampanye, jika sudah diingatkan tetap melakukan pelanggaran maka terpaksa kepolisian akan bertindak sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi supaya mengingatkan kita bersama, bahwa oh ini kampanye ini bukan, jadi sudah kita ingatkan lewat spanduk tersebut, bahwa jadi tidak boleh kampanye di tempat ibadah, di fasilitas pemerintah dan juga di sekolah sebagai tempat pendidikan,” pungkasnya.

(Arul/K. Putu Latief)

Loading...
loading...
K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Sinopsis The King: Eternal Monarch, Drama Come Back Lee Min Ho Pasca Wamil

Kembalinya aktor Lee Min Ho setelah menyelesaikan wajib militer membuat penggemar penasaran dengan sinopsis The King: Eternal Monarch. Pasalnya,...

Tanggapi Ridwan Saidi, Balad Galuh: Kami Bangga Menyandang Nama Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Pernyataan Ridwan Saidi, budayawan Betawi, yang menyebut Galuh artinya brutal mengundang berbagai reaksi. Termasuk salah satunya suporter pendukung...

Aplikasi Galuh Virtual, Upaya Memperkenalkan Budaya dan Wisata Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dalam rangka meningkatkan inovasi, Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis membuat aplikasi Galuh Virtual untuk menunjang...

Genangan Air di Kawasan Alun-alun Banjarsari Ciamis Dikeluhkan Warga

Banjarsari, galuh.id - Kawasan jalan utama  Banjarsari menuju Pangandaran, tepatnya di depan Alun-alun Banjarsari digenangi cileuncang atau genangan air hujan, Rabu (20/11/2019).

Pemprov Jabar Bakal Bantu Pembangunan Mesjid Al-Qausain Banjarsari Ciamis

Banjarsari, galuh.id- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzanul Ulum berjanji akan membantu pembangunan mesjid Besar Al-Qausain Banjarsari yang telah lama mangkrak.