Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Ibadah Haji Tahun 2020 Ditiadakan, Ini Penjelasan Kemenag RI

Berita Nasional, galuh.id– Ibadah haji tahun 2020 ditiadakan. Hal itu diputuskan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI setelah Arab Saudi tak kunjung membuka akses ibadah haji bagi negara mana pun.

Kementerian Agama pun akhirnya memutuskan membatalkan semua pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020 ini.

Keputusan itu juga diambil lantaran wabah Covid-19 yang melanda negara-negara di dunia termasuk Indonesia dan Arab Saudi. Apalagi wabah Covid-19 tidak ada tanda-tanda mereda.

“Pemerintah Arab Saudi tidak membuka akses bagi jemaah haji, pemerintah pun tidak punya cukup waktu untuk persiapan, terutama dalam pelayanan dan perlindungan bagi jemaah,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/6/2020).

Karena hal itu, lanjut Fachrul, pemerintah kemudian memutuskan ibadah haji tahun 2020 ditiadakan.

“Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan tidak akan memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah,” katanya.

Menteri Agama tersebut bahkan sudah menandatangani Keputuasan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020 yang mengatur tentang pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia.

Menteri Agama juga menegaskan, pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa kecuali.

Ini berarti, bukan hanya jemaah yang menggunakan kuota haji pemerintah regular maupun khusus yang tak bisa berangkat haji, namun juga bagi jemaah yang menggunakan visa haji mujamalah atau undangan, atau furada.

Visa haji bagi jemaah undangan tersebut merupakan visa khusus yang diterbitkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Tahun ini, tidak ada pemberangkatan haji bagi seluruh warga Indonesia,” tegasnya.

Alasan Kemenag Putuskan Ibadah Haji Tahun 2020 Ditiadakan

Fachrul juga menambahkan, persyaratan untuk melaksanakan ibadah haji bukan hanya mampu secara ekonomi dan fisik. Bagi pemerintah, jemaah haji harus mendapatkan jaminan atas kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

Menteri Agama ini pun menyadari keputusan ibadah haji tahun 2020 ditiadakan merupakan keputusan yang berat.

Pemerintah sendiri telah berupaya menyiapkan pelaksanaan haji, namun pemerintah juga punya tanggung jawab untuk menjamin keselamatan warganya terkait penyebaran Covid-19.

Hasil kajian yang mendalam pun dilakukan dalam berbagai aspek. Sampai akhirnya pemerintah memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020. Keputusan tersebut dinilai sebagai keputusan terbaik.

“Keputusan yang pahit ini kita yakini sebagai keputusan yang tepat dan paling maslahat bagi jemaah maupun bagi petugas,” tandasnya. (GaluhID/K)

Loading...
loading...
K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Dinkes Ciamis: Posyandu Penting untuk Cegah Bayi Stunting

Ciamis, galuh.id - Stunting atau bayi yang mengalami pertumbuhan lambat karena gizi buruk sedang menjadi trending topik di Indonesia. 

Adu Penalti Bawa Persita Tangerang Promosi ke Liga 1 2020

Info Liga 2, galuh.id - Persita Tangerang kembali ke strata tertinggi sepak bola Liga Indonesia. Kepastian itu didapat setelah mereka menang secara...

Pemprov Jabar Bakal Bantu Pembangunan Mesjid Al-Qausain Banjarsari Ciamis

Banjarsari, galuh.id- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzanul Ulum berjanji akan membantu pembangunan mesjid Besar Al-Qausain Banjarsari yang telah lama mangkrak.

Uji Coba PSGC Ciamis Lawan Cibeureum Fresh, Eks Pemain Persib U-19 Jadi Pengumpan Jitu

Stadion Galuh, galuh.id – Mantan pemain Persib U-19 menarik perhatian penonton saat pertandingan uji coba PSGC Ciamis melawan Cibeureum FC di Stadion...

Keren, Parkir di RSUD Ciamis Pakai E-Tiket

Ciamis, galuh.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis berinovasi dengan mengelola parkir di RSUD Ciamis Menggunakan e-tiket untuk motor dan...