oleh

Ini Formasi CPNS di Ciamis yang Paling Diminati

 
 

Ciamis, galuh.id – Pendaftaran CPNS di Ciamis Tahun 2019 ditutup pada Selasa (26/11/2019). Pelamar yang berhasil melakukan submit dan mendaftar sebanyak 7.900 orang.

Namun, dengan total pendaftar sebanyak 7.900 orang dari 277 yang dibutuhkan, ternyata formasi yang paling banyak diminati yaitu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Kabupaten Ciamis, Ihsan Rasyad di Kantornya, Rabu (27/11/2019).

“Benar, pelamar CPNS banyak yang memilih formasi PGSD, PAI dan yang fantastik itu formasi Satpol PP ada sebanyak 800 pelamar yang dibutuhkan 15 orang,” ujarnya.

Pendaftar di tahun 2019, kata Ihsan lebih banyak dibandingkan Tahun 2018 yang hanya 2.600 pelamar dari yang dibutuhkan 205 orang.

“Untuk tahun ini pelamar sangat membludak terbukti dengan perbandingan jumlah pendaftar tahun 2018 ke 2019, ini tantangan bagi pelamar, otomatis persaingan makin ketat,” ucapnya.

Ihsan menjelaskan setelah proses pendaftaran ditempuh, pelamar harus menunggu hasil verifikasi data yang selanjutnya dilakukan seleksi administrasi sampai tanggal 12 Desember 2019.

“Kami (panitia) sudah melakukan pemeriksaan administrasi, namun baru mencapai 50 persen, Insyaallah sebelum tanggal 12 Desember 2019 selesai,” katanya.

Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs SSCN atau melalui situs BKPSDM Ciamis.

“Untuk waktu pengumuman hasil pemeriksaan administrasi diperkirakan tanggal 16 Desember 2019,” tuturnya.

Ihsan menginformasikan bagi pelamar yang tidak lolos administrasi atau tidak memenuhi syarat. Ia menyarankan pelamar dipersilakan komunikasi dengan BKPSDM saat masa tenggang 19 Desember dan pengumumannya pada 26 Desember 2019.

“Jangan khawatir bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat, silahkan komunikasikan dengan BKPSDM, jadi nanti akan ada penjelasannya,” tandasnya.

Ihsan menambahkan, jika pelamar berijasah PGMI, sesuai dengan petunjuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bisa untuk melamar ke formasi PGSD.

“Yang berijasah PGMI silahkan mendaftar ke formasi PGSD karena sesuai dari arahan Menpan RB dipersilakan,” kata Ihsan.

Menurutnya, pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi kebanyakan tidak menggunakan materai dalam surat lamaran, dokumen tidak terupload sempurna juga antara formasi dengan klasifikasi pendidikan tidak cocok.

“Harusnya saat melakukan pendaftaran harus benar-benar teliti dan hati-hati, agar kesalahan tidak terjadi, dan kami mengimbau untuk tidak percaya kepada oknum yang akan membantu meloloskan, karena itu tidak ada yang seperti itu,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA