Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Kosong Air, Wastafel Portabel di Ciamis Dikeluhkan Warga

Berita Ciamis, galuh.id – Sejumlah wastafel portabel yang tersedia di Pasar Manis dan Terminal Kabupaten Ciamis dikeluhkan warga. Pasalnya, fasilitas tempat cuci tangan ini airnya kosong.

Tak mau mengandalkan wastafel portable, sejumlah pedagang pun menyediakan tempat cuci tangan di depan toko menggunakan galon.

Sebagaimana diketahui, wastafel kini menjadi fasilitas yang wajib disediakan di tempat umum di tengah pandemi Corona. Termasuk juga di Ciamis.

Memasuki normal baru atau new normal, keberadaan fasilitas cuci tangan sangat dibutuhkan. Hal itu guna menunjang penerapan protokol kesehatan.

Namun, fasilitas tempat cuci tangan ini dikeluhkan warga karena airnya kosong. Dari pantauan di lokasi pada Selasa (30/6/2020), setidaknya ada 2 wastafel portabel yang kosong.

Dua wastafel portabel yang kosong itu yakni 1 unit di Pasar Manis yang terletak di bagian atas dan 1 unit di depan kantor Terminal Ciamis.

Sedangkan sisanya di beberapa titik masih mengeluarkan air. Wastafel portabel itu dipasang oleh Pemkab Ciamis dan sumbangan dari instansi lainnya.

Wastafel Portabel Airnya Kosong

Tak ingin mengandalkan wastafel, sejumlah pedagang di Pasar Manis kemudian berinisiatif menyediakan tempat cuci tangan memakai galon di depan toko.

Kosongnya air di dalam wastafel portable itu pun dikeluhkan oleh salah seorang pengunjung yang berada di sekitar Terminal Ciamis, Dina.

“Tadi saya mau cuci tangan, tapi kosong airnya. Untung saja masih ada wastafel permanen di dekat ruang tunggu,” ujar Dina, saat ditemui usai cuci tangan.

Dina pun berharap wastafel portable dapat dirawat, diisi air setiap hari, sehingga ada manfaatnya. Jangan sampai wastafel tersebut hanya dijadikan pajangan.

Sebab menurutnya, kesadaran masyarakat untuk cuci tangan, harus didukung dengan sarana dan prasarana yang disiapkan.

Sementara itu, pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) tengah menyiapkan penambahan sarana cuci tangan di beberapa titik fasilitas umum.

“Kami akan tambah wastafel portabel di Taman Lokasana. Di Alun-alun baru ada 2, idealnya minimal ada 4 unit,” ujar Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar.

Taufik berkata, pihaknya berencana memasang wastafel permanen di Alun-alun Ciamis. Namun ke depan, Alun-alun akan ada pembangunan menyeluruh. Sehingga sementara Alun-alun dipasang wastafel portabel.

“Sudah kami siapkan. Hanya saja secara resmi fasilitas umum belum dibuka. Ada protokol kesehatan yang harus disesuaikan dengan dinas terkait,” jelas Taufik. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...