Kamis, 23 September 2021
Kamis, 23 September 2021
spot_img

KUA Wilayah Banjarsari Ciamis Tetap Buka Layanan Pernikahan

Berita Ciamis, galuh.id – Pelayanan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) wilayah Banjarsari Ciamis tetap dibuka, meski Covid-19 sedang mewabah.

Hal tersebut disampaikan Kepala KUA wilayah Kecamatan Banjarsari, DRS. H. Achmad Yayat Hidayat, MM.

“Pelayanan pernikahan tetap dibuka, mau itu di kantor ataupun di luar kantor,” ucap Achmad Yayat Hidayat, kepada Galuh ID saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (27/3/2020).

Namun demikian calon pengantin (Catin) atau kerabat yang ingin menyaksikan akad nikah harus memperhatikan hal-hal yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

“Saat melaksanakan Akad, Catin dan Wali harus mengenakan sarung tangan. Sementara kerabat yang ingin menyaksikan dibatasi,” terangnya.

Hal tersebut untuk meminimalisir dan upaya mencegah menyebarnya Virus Covid-19.

Dalam hal pendaftaran pernikahan, pihak KUA telah bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Agar sebelum melakukan pendaftaran Catin dicek kesehatannya terlebih dahulu.

“Tujuannya supaya si Catin benar-benar dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Daftar Pernikahan Bisa Melalui Online

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar Pernikahan, bisa melakukan pendaftaran lewat online. Meski telah dibuka pendaftaran online, namun pihaknya mempersilakan masyarakat yang ingin mendaftar secara langsung ke kantor.

“Silakan mau daftar secara online atau mau langsung daftar ke Kantor, kami tetap layani,” katanya.

Kemudian untuk masyarakat yang telah mengajukan pendaftaran dan telah menetapkan acara akadnya, tetapi tidak bisa melaksanakan akadnya karena ada sesuatu hal, Catin harus memberi tahu ke pihak KUA.

“Catin harus memberi tahu pembatalan ke kami, apabila tidak jadi akadnya. Karena billingnya sudah masuk ke negara. Jadi kami nanti akan membuat laporan ke Jakarta, kenapa tidak jadi, dan alasan apa,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau pengurus DKM agar melakukan sterilisasi masjid supaya masjid dalam keadaan bersih, tidak terjangkit penyakit.

“Tentunya dengan masjid yang bersih, insyaallah akan jauh dari Covid-19 yang saat ini kita khawatirkan,” imbaunya.

Dia juga berharap masyarakat tidak panik, namun tetap waspada dan berikhtiar menjauhi wabah Corona.

“Masyarakat jangan panik, tetap waspada serta tetap ikhtiar lahir dan batin dalam melawan virus yang saat ini menggegerkan kita,” tutupnya. (GaluhID/Uus)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan