oleh

Mudik? Inilah Oleh-oleh Khas Ciamis yang Paling Dicari

 
 

Travel, galuh.id – Mudik ke Ciamis dan oleh-oleh khas Ciamis adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mudik merupakan salah satu tradisi yang paling ramai dibicarakan menjelang lebaran. Sementara oleh-oleh adalah buah tangan yang biasanya dibawa para pemudik ketika pulang kembali ke perantauan.

Pulang ke kampung halaman adalah hal yang sangat diidam-idamkan. Terutama oleh para perantau yang memang tinggal sangat jauh dari kampung halaman. Momen lebaran ini sangat ditunggu-tunggu untuk menemui sanak saudara dan melepas rindu pada tanah kelahiran.

Berbicara mengenai mudik dan pulang ke kampung halaman, tentunya para wargi selain melepas rindu kepada sanak saudara, pastinya ada tujuan lain yang tidak kalah pentingnya. Ketika kita datang ke kampung halaman ada beberapa makanan khas yang sangat diinginkan karena sudah lama tidak memakannya.

Makanan tersebut hanya ada di kampung halaman kita. Bahkan tidak jarang, ketika mudik makanan tersebut dibeli dan diborong untuk dijadikan oleh-oleh ketika kembali ke perantauan.

Ciamis, adalah salah satu tujuan mudik yang memiliki banyak makanan khas unik. Makanan-makanan khas ini tidak ditemukan di daerah lain. Nah, bagi para wargi yang kebetulan mudik ke Ciamis untuk mengunjungi sanak saudara di kota manis ini, yuk kita cari tahu, makanan apa sih yang sebetulnya paling dicari oleh para pendatang? Barangkali makanan tersebut sedang dicari pula oleh pemudik lebaran kali ini.

1. Galendo

Makanan khas yang satu ini bisa dibilang merupakan oleh-oleh khas Ciamis. Ketika seseorang mudik ke Ciamis, tetangga di perantauan banyak menitipkan makanan yang satu ini. Karena makanan ini nyaris tidak ditemukan di daerah lain.

Galendo adalah makanan yang memiliki rasa yang khas. Merupakan hasil olahan dari ampas santan kelapa yang dididihkan dalam temperatur dan waktu tertentu. Galendo memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Penganan ini sangat cocok dimakan dengan teh hangat, kopi, atau kopi susu di pagi dan malam hari.

Galendo bisa didapatkan di toko-toko yang ada di sekitaran Kota Ciamis. Di antaranya di Toko Hejo. Toko ini menyediakan beraneka ragam makanan khas oleh-oleh Ciamis dan Priangan Timur.

Jika zaman dulu galendo masih dikemas secara klasik menggunakan wadah yang terbuat dari bambu, maka sekarang galendo sudah bisa ditemukan dalam bentuk yang lebih menarik. Dikemas dengan kemasan yang cantik dengan berbagai varian rasa. Anda bisa menikmati makanan tradisional dengan cara dan kemasan yang lebih modern. Menarik bukan? Ayo, tunggu apa lagi, jadikan galendo sebagai oleh-oleh Anda setelah masa silaturahmi usai nanti.   

2. Sale Pisang

Sale pisang, di daerah lain pasti banyak terdapat makanan ini, hanya saja tentunya sale pisang oleh-oleh khas Ciamis berbeda dengan kebanyakan sale produksi daerah lain. Sale pisang Ciamis memiliki ukuran lebih besar dan lebih lezat. Rasanya pun tidak asam dan ketika dimakan tidak alot. Sale pisang Ciamis berasal dari pisang satuan.

ilustrasi sale pisang, pencarian google

Sale pisang oleh-oleh khas Ciamis ini banyak diburu para pemudik. Untuk dinikmati sendiri saat berada di kampung halaman, maupun untuk dibawa sebagai oleh-oleh ketika kembali ke perantauan untuk dibagi-bagi ke tetangga yang ada di sana. 

3. Gula Aren

Kalau yang satu ini memang terbukti, gula aren Ciamis adalah gula berkualitas yang banyak dijual di pasaran. Gula aren Ciamis teksturnya cukup keras dan tidak mudah leleh. Rahasianya gula aren ini dicampur dengan bahan campuran berupa beras dan lainnya.

Namun, gula aren Ciamis ini murni aren asli. Aroma dan rasanya sangat khas. Manis dan legit. Saking enaknya, gula aren Ciamis ini bukan hanya digunakan untuk bahan campuran kolak, bumbu, atau pemanis makanan. Melainkan sering juga dijadikan penganan yang dimakan bersama teh hangat.

Gula aren adalah makanan tambahan yang tepat untuk dimakan bersama singkong rebus, singkong bakar, atau sering juga dijadikan obat bagi yang sedang menjalani pemulihan stamina setelah sakit bahkan bagi para ibu yang baru melahirkan. Minum atau makan gula aren bisa membuat produksi ASI meningkat.

4. Opak

Opak adalah penganan yang dibuat dari beras ketan, bentuk aslinya bundar seperti kerupuk. Walaupun sekarang sudah banyak pengrajin opak yang memodifikasi bentuknya.

opak Ciamis, pencarian google

Ada dua pilihan rasa opak Ciamis. Yaitu rasa manis jambu dan yang memiliki rasa asin gurih. Opak biasanya dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api tanpa mengenai baranya. Untuk membuat opak matang, pengrajin opak memerlukan kerja keras. Ia harus rela berpanas-panasan di depan tungku yang penuh dengan bara api. Opak dimasak dengan menggunakan (cacapit) penjepit yang terbuat dari bambu. Pengrajin harus menguasai teknik tertentu dalam membuat opak menjadi matang dengan gembungan yang merata.

Namun dengan cara memasak seperti itulah, justru menjadikan opak ini begitu lezat dan memliki aroma wangi yang khas. Opak biasa dimakan menjadi bahan cemilan.

Yang berniat menjadikan opak sebagai oleh-oleh Ciamis ketika kembali ke perantauan, harus ekstra berhati-hati membawanya. Karena makanan yang satu ini sangat mudah rusak dan pecah. Meskipun ketika sudah pecah masih bisa dimakan, tetapi ketika sudah remuk tampilan opak tidak menarik lagi, kan?

5. Kupat/Ketupat Panawangan

Panawangan adalah salah satu kecamatan yang terletak di paling ujung Kabupaten Ciamis yang berbatasan dengan Cikijing. Dari Panawangan pemudik bisa menikmati ketupat yang khas. Ketupat yang tidak dtemukan di tempat lain. Yang menjadikan ketupat panawangan begitu berbeda dengan ketupat di tempat lain adalah pada proses perebusannya.

Konon, ketupat panawangan direbus dengan menggunakan campuran tangkai padi ketan yang sudah dikeringkan. Selain memberikan efek warna kemerahan pada cangkang kupat Panawangan, campuran tersebut membuat ketupat panawangan menjadi kenyal dan tahan sampai dua hari tanpa bahan pengawet di dalam suhu ruangan. Hebat ya.

Kupat Panawangan juga sangat dicari ketika hari Raya Idulfitri tiba. Kupat ini dijadikan teman makan opor atau gulai ketika berkumpul dengan keluarga. Atau bisa juga ditemukan dalam lotek dan kupat tahu di beberapa tempat tertentu.

6. Ikan Gurame

Ciamis sangat terkenal dengan kolam-kolam yang berukuran luas dan penuh dengan ikan. Ikan yang menjadi primadona Ciamis adalah ikan Gurame. Ikan yang berukuran besar dengan daging yang gurih dan lezat ini sangat diidam-idamkan oleh para pecinta ikan. Gurame Ciamis sangat lezat dibakar, digoreng, dibuat dengan bumbu acar, bahkan dijadikan sup.

Yang menjadikan ikan Gurame Ciamis lebih lezat adalah karena di Ciamis, ikan Gurame masih dibudidayakan secara alami. Peternak memberikan pakan organik berupa daun-daunan bagi ikan peliharaannya. Membuat daging ikan yang dihasilkan lebih gurih dan tidak lembek.

Itulah oleh-oleh khas Ciamis paling dicari yang bisa dijadikan barang bawaan ketika kembali ke perantauan. Semoga bermanfaat. (galuh.id/Diantika)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA