Jumat, 30 Juli 2021
Jumat, 30 Juli 2021
BJB

Olahan Hasil Bumi Jadi Peluang Usaha Warga Ciamis Saat Ramadhan

Berita Ciamis, galuh.id – Hasil bumi dari pertanian bisa menjadi peluang usaha dan menumbuhkan ekonomi masyarakat Ciamis pada bulan ramadhan saat ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, Budi, mengatakan hasil ini sangat besar manfaatnya terutama dalam situasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak olah-olahan dari hasil bumi yang bisa oleh masyarakat rasakan manfaatnya.

“Sangat besar manfaatnya. Banyak olahan hasil ini yang bisa masyarakat rasakan manfaatnya,” ucapnya, bersama Kabid Hortikultura dan Perkebunan Tomy Fauzi, Kamis (22/4/2021).

Pada bulan ramadhan ini lanjutnya, dari cengkaleng pisang banyak masyarakat cari untuk mengolahnya menjadi sajian buka puasa atau kolak.

Banyak para petani kata Budi, dengan menjual cengkaleng bisa sedikit menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya pada masa pandemi ini.

Ia pun yakin para petani bisa hidup baik dan sehat dari hasil bumi dan tidak akan kesulitan pada masa pandemi Corona.

“Saya yakin para petani bisa hidup baik dan sehat dari hasil bumi dan tidak akan kesulitan dalam kondisi pandemi seperti sekarang,” ujar Budi.

Di Kabupaten Ciamis menurut Budi banyak sentral penjualan gula merah dari berbagi wilayah seperti Rancah, Lakbok, Panawangan dan daerah lainnya.

Tidak hanya itu saja, Kabupaten Ciamis juga bahkan mampu menghasilkan 44 ribu ton pisang.

“Bulan ramadan masa pandemi Covid-19 saat hasil bumi dari pertanian bisa menjadi peluang usaha dan menumbuhkan ekonomi masyarakat Ciamis,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan