petugas kebersihan di Ciamis
Petugas kebersihan di Ciamis yang dikenal juga dengan sebutan pasukan ungu. Foto: Istimewa

Ciamis, galuh.id – Petugas kebersihan yang bertugas untuk membersihkan ruang publik dan jalan yang ada di wilayah Ciamis kini banyak diminati, terbukti dengan banyaknya pelamar yang ingin mendaftarkan diri untuk mengisi posisi petugas kebersihan di Ciamis tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) , Ajat Jatnika, Selasa (16/7/2019). Dia mengemukakan saat ini banyak masyarakat yang melamar ingin menjadi petugas kebersihan.

“Banyak pelamar yang ingin menjadi petugas kebersihan, tak biasanya, mungkin karena upah kerjanya sesuai dengan UMK Ciamis jadi menurut mereka lumayan penghasilannya,” ujar Ajat.

Namun saat ini, kata Ajat, DPRKPLH Ciamis belum menerima petugas kebersihan atau Petugas Harian Lepas (PHL) baru, mengingat saat ini masih cukup dan sudah penuh.

Walaupun begitu, Ajat mengakui jika saat ini jumlah ruas jalan di Kabupaten Ciamis belum sebanding dengan jumlah Pasukan Ungu. 

“Kami belum menerima pendaftaran Petugas Harian Lepas yang baru, karena saat ini masih cukup walaupun ruas jalan yang luas dan belum sebanding dengan petugas yang saat ini ada, nanti apabila kita kekurangan akan kita umumkan ke publik,” tuturnya.

Menurutnya, petugas kebesihan di Ciamis merupakan ujung tombak bagi Tatar Galuh yang cukup berperan untuk meraih penghargaan Adipura.

“PHL ini kan ada 159 orang, ditempatkan di Ciamis 127 orang, Kawali 10 orang. Banjarsari 14 orang, dan Panumbangan 8 orang. Belum ada program penambahan PHL Pasukan Ungu, rencana dan keinginan ada tapi masih belum tahu kapan aturannya,” kata Ajat.

Lanjut Ajat, Ciamis selalu mendapat Adipura lantaran selalu berprinsip ‘tidak ada sampah yang mengendap di jalan’. Artinya masyarakat harus selalu menjaga kebersihan di manapun tempatnya.

“Masyarakat Ciamis harus semakin dewasa, dengan tidak membuang sampah sembarangan di jalan. Semuanya karena kesadaran dari diri sendiri agar kehidupan semakin nyaman dan bebas dari penyakit,” pungkasnya. (galuh.id/Izal)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini